Petik Laut Sendang Biru, Muspida Malang Dampingi Gubernur Jatim

Selasa, 27/09/2022 - 21:36
Petik Laut Sendang Biru
Petik Laut Sendang Biru

Klikwarta.com, Kabupaten Malang - Bupati Malang, H. M. Sanusi, mendampingi Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, pada syukuran nelayan dan Petik laut Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Kabupaten Malang, Selasa (27/9/2022). Hadir bersama bupati mendampingi gubernur, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dapil Malang Raya, H Gunawan, Komandan Lanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari, Dandim 0818 Malang-Batu, Letkol Inf Taufik Hidayat dan Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat.

Juga hadir, Kepala Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur, Kepala Bakorwil Kabupaten Malang, Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Camat dan Muspika Sumbermanjing Wetan, Kepala Desa Tambakrejo, serta Tokoh Masyarakat Desa Tambakrejo. 

Syukuran Nelayan dan Petik Laut ini merupakan bentuk syukur masyarakat Desa Tambakrejo kepada Allah SWT, atas berkah yang telah diberikan. 

Gubernur berharap, syukuran nelayan ini semoga bermanfaat, rezeki bertambah luas dan manfaat barokah. Pada kesempatan tersebut, Pemprov Jatim memberikan bantuan sosial untuk menunjang/peningkatan perekonomian nelayan. Khususnya nelayan Sendang Biru. Meliputi surat ijin penangkapan ikan, surat kelaikan kapal dan bantuan hibah sarana alat perkapalan,,serta bantuan hibah perahu. 

“Semoga bantuan 1 unit perahu, mesin kuras 25 unit, alkon 25 unit, jaring dayang 128 unit ini, bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Tambakrejo,” harap Khofifah.

2

Terkait kelangkaan bahan bakar solar, Gubernur Jatim meminta koordinator para nelayan untuk mendata bahan bakar solat yang digunakan. Apakah usulan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Sebab, Pemprov Jatim sudah berkali-kali berkordinasi dengan pihak Pertamina.

Sementara itu, Bupati Malang, mengatakan, dengan kehadiran Gubernur Jatim ini, dapat membawa berkah bagi masyarakat Kabupaten Malang, Desa Tambakrejo.

Khazanah kekayaan bahari di wilayah pesisir pantai Selatan, kata Sanusi, merupakan anugerah tak terhingga yang dikaruniakan Allah SWT/Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat Kabupaten Malang. 

"Oleh karenanya, patutlah kita menjaga pemberian ini dengan mengimplementasikan rasa syukur melalui kegiatan yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat secara luas", kata Sanusi.

Lanjut Bupati, sebagaimana diketahui bersama bahwa selama ini perairan di wilayah Selatan Kabupaten Malang, telah dikenal dengan berbagai komoditas hasil lautnya. Termasuk di Sendang Biru.

Selain untuk memenuhi kebutuhan ikan di Kabupaten Malang, perairan ini juga telah menghasilkan ikan laut yang menjadi komoditas ekspor. Diantaranya, Tuna sirip kuning, Albakora, Cakalang, Marlin dan masih banyak lagi jenis ikan lain.

"Ini menjadi tanggung jawab bersama bagi Pemerintah Kabupaten Malang dan seluruh stakeholder pengelola, untuk mengembangkan potensi tersebut", ujar Bupati Sanusi.

Diakhir acara, Bupati Malang bersama Gubernur dan rombongan, mengikuti prosesi larung sesaji petik laut Sendang Biru Tahun 2022 dengan menaiki perahu nelayan.

(Pewarta : Asral/Edy)

Related News