Danrem 121/Abw Terima Senpi Hasil Operasi Satgas Pamtas RI-MLY Wilayah Kalbar

Selasa, 11/06/2024 - 21:12
Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief
Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief

Klikwarta.com, Pontianak - Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, M.I.P., selaku Dankolakops Rem 121/Abw menerima penyerahan barang hasil pengumpulan sitaan lebih dari 100 senjata api dan munisi yang berhasil di kumpulkan oleh Satuan Tugas Perbatasan Indonesia-Malaysia dari Yonarmed 10/Bradjamusti Kostrad sektor Timur dan Yonarmed 16/Tumbak Kaputing sektor Barat selama menjalankan tugas pengamanan perbatasan di wilayah Kalimantan Barat.

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, M.I.P., menyampaikan bahwa Penyerahan senjata ini adalah bukti dari manunggalnya TNI AD dengan masyarakat, " Kepercayaan yang begitu tinggi kepada kita, memastikan keamanan ditengah masyarakat tanpa perlu ada kekerasan, apalagi penggunaan senapan,"Ungkapnya.

.

Senjata-senjata api ini adalah merupakan sebagian peninggalan eks PGRS / PARAKU (Pasukan Rakyat Kalimantan Utara) oleh pendahulunya dan di simpan serta diwariskan kepada penerusnya, dalam perkembangannya, yang mana senjata tersebut sebagian digunakan oleh masyarakat untuk menjaga diri dari ancaman, digunakan oleh oknum masyarakat ketika berburu dan terjadi salah sasaran sehingga perlu diantisipasi di salahgunakan oleh oknum masyarakat, selain penyimpangan untuk tindak kejahatan, juga di salahgunakan ditengah konflik antar masyarakat. 

Penyerahan hasil operasi ini “Barang bukti dari hasil Satgas Pamtas RI-Malaysia wilayah Kalimantan Barat dalam rentang waktu 12 bulan sejak bulan mei 2023 s.d. Juni 2024 berupa : 
- Senjata Rakitan Jenis Lantak sebanyak 148 pucuk, 
- Senjata Pistol Rakitan Jenis lantak sebanyak 4 pucuk, 
- Munisi Jenis Bowman sebanyak 76 butir.
- Granat PE 1 butir

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, M.I.P., selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi Satgas Pamtas RI-Malaysia mengapresiasi Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10/Bradjamusti Kostrad dan Yonarmed 16/Tumbak Kaputing yang telah berhasil dalam melaksanakan tugas.

Kedepan, saya harapkan kepada Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia yang saat ini sedang bertugas di wilayah perbatasan, yaitu Batalyon Zeni Tempur 5/Arati Bhaya Wighina dan Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti Agar menjadi motivasi dan semangat membara, 

"Selain Perang Total melawan Narkoba, juga Bentengi negara dari segala penyelundupan ilegal di perbatasan" pungkasnya.

(Kontributor : Arif)

Related News