Eksplorasi Patirtan Taman Sari Kasuranggan Disekitar Candi Sumberawan

Kamis, 10/06/2021 - 15:35
Patirtan Taman Sari Kasuranggan di Dusun Sumberawan Desa Toyomarto Singosari Malang
Patirtan Taman Sari Kasuranggan di Dusun Sumberawan Desa Toyomarto Singosari Malang

Klikwarta.com, Malang - Patirtan Taman Sari Kasuranggan yang terletak di Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Singosari, Malang, atau berada di komplek Candi Sumberawan. 

Partitan tersebut dibangun tahun 2021 dan terbuka untuk umum, dalam artian tidak tersekat background religi, aktifitas maupun personal.

Dikatakan Cak Hari, pemerhati budaya, partitan Taman Sari Kasuranggan sudah didatangi orang dari berbagai daerah dan berbagai latarbelakang religi, dengan aktifitas berbeda-beda.

Pembangunan patirtan ini, memang didesain multifungsi, dan airnya berasal dari sumber air di area Candi Sumberawan.

"Konsep pembangunan patirtan, mengacu kolaborasi Jawa dan Yunani. Kolaborasinya filosofi, kosmologi dan mitologi tentang air," katanya.

Lanjut Cak Hari, ada 5 pancuran di patirtan Taman Sari Kasuranggan, 1 pancuran berwujud sosok dewi membawa tempayan dan 4 pancuran berwujud naga dalam mitologi Jawa kuno. 

Masing-masing pancuran berlatarbelakang berbeda, yaitu pembersihan, kesehatan, rejeki, derajat serta pamor. 

"Air itu mempunyai makna sebagai sumber kehidupan. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan kehidupan seperti minum, mandi,memasak, mencuci, irigasi dan lainnya," jelasnya.

"Dari filosofinya, air selalu mengalir dari hulu yang lebih tinggi ke hilir yang lebih rendah, artinya dalam kehidupan kita harus rendah hati. Air itu selalu mengisi ruang-ruang yang kosong, artinya kehidupan kita selalu memperbaiki diri dengan mengisi ruang-ruang jiwa dan hati. Air selalu menghilir ke muara, artinya kehidupan kita harus punya tujuan dan konsiten,"lanjutnya.

Sambung Cak Hari, berbeda lagi dengan filosofi Yunani kuno, air adalah prinsip dasar segala sesuatu, yaitu air menjadi pangkal, pokok, dan dasar yang ada di alam semesta. 

"Air adalah sumber kehidupan, artinya bahan makanan berbagai makhluk hidup yang semuanya mengandung air, dan semua makhluk hidup memerlukan air untuk hidup," jelasnya.

Ketika minum, kita minum air. Mandi, memakai air. Melihat hujan, bentuknya air. Ke pantai, sejauh mata memandang hanyalah hamparan air laut. Disekeliling kita air,tinggidan air, dalam artian keadaan membentuk kesadaran,"pungkasnya.

Patirtan Taman Sari Kasuranggan diyakini oleh beberapa pelaku spiritual, memiliki energi-energi positif yang dapat membangkitkan motivasi dan spirit.

Selain itu, ada yang menyebutkan, aroma mistis di patirtan membawa domino effect terhadap perubahan aura bagi yang berendam di tempat ini, dalam artian aura positif yang menetralisir maupun menghilangkan aura negatif.

Dari kacamata lain, air yang berasal di sekitar sumber Candi Sumberawan, sangat bersih dan jernih, serta memiliki kandungan mineral cukup tinggi.

(Pewarta : Dodik)

Related News

loading...