Gandeng Lazismu, MSI Salurkan Paket Bingkisan Bagi Keluarga Pasien TBC di Karanganyar

Sabtu, 30/03/2024 - 07:04
Anggota MSI sedang menyerahkan paket bingkisan kepada salah satu keluarga pasien TBC di Karanganyar, Jumat (29/3/2024).
Anggota MSI sedang menyerahkan paket bingkisan kepada salah satu keluarga pasien TBC di Karanganyar, Jumat (29/3/2024).

Klikwarta.com, Karanganyar - Yayasan Mentari Sehat Indonesia (MSI)  memanfaatkan waktu menjelang lebaran untuk lebih dekat dengan keluarga pasien TBC di Kabupaten Karanganyar.

Salah satunya, adalah melalui program berbagi bingkisan kepedulian hasil kerja bareng antara MSI dengan Lembaga Amal Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) yang disalurkan secara door to door, serta melibatkan kader dan komunitas. Ada sebanyak 50 paket bingkisan yang dibagikan, tersebar di 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar. 

"Target dan sasaran tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu keluarga pasien dan teman-teman kader komunitas. Melalui kegiatan ini, kita harapkan banyak orang dapat terlibat dalam memberikan dukungan untuk lebih peduli terhadap sesama, khususnya pasien pada tahapan penyembuhannya," ujar Ketua MSI Karanganyar Shubuha Pilar Naredia kepada wartawan disela kegiatan, Jumat (29/3/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, di samping untuk mendekatkan dengan keluarga pasien dan menumbuhkan dukungan,  program bingkisan kepedulian ini juga sebagai sarana guna membantu meringankan beban keluarga pasien.

"Harapannya kami bisa lebih dekat, baik kader maupun komunitas dengan keluarga pasien. Pembagian bingkisan kami lakukan dengan mendatangi rumah ke rumah pasien," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Majlis Kesehatan Asyiah Karanganyar Darsini, mendukung penuh program pembagian bingkisan kepedulian jelang lebaran tersebut. Menurutnya, kader layak mendapat apresiasi. Karrena selama ini, kader menjadi aktor penting dalam penanganan dan penanggulangan TBC di tingkat masyarakat. 

Pihaknya juga menyambut baik usulan anggota MSI terkait pembagian bingkisan kepedulian yang sekaligus sebagai rangkaian peringatan TB Day 2024.

"Maka, kami bersama Lazismu Karanganyar mengupayakan paket bingkisan lebaran untuk para pasien dan komunitas. Kader perlu diapresiasi karena mereka juga sebagai salah satu aktor yang mendampingi pemantauan kesembuhan pasien di tiap bulannya," ungkapnya.

Penyaluran bingkisan kepedulian bagi kader maupun keluarga pasien ini, ditargetkan selesai selama dua hari dan merata di 17 kecamatan. 

"Tantangannya jelas jarak dan cuaca. Namun itu terbayar dengan senyum kegembiraan dari penerima manfaat dan semakin terjalinnya silaturahmi," tandas Najendra Arga Devar.

Pewarta:  Kacuk Legowo

Related News