Gus Sadad Turun Lapangan Temui Petani, Pengamat: Sejalan Visi Misi Prabowo yang Konsen ke Pertanian

Kamis, 11/08/2022 - 21:18
Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anwar Sadad saat menemui puluhan petani di kawasan Tambaksari Kraton, Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu
Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anwar Sadad saat menemui puluhan petani di kawasan Tambaksari Kraton, Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu

Klikwarta.com, Jatim - Sikap Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anwar Sadad yang menemui puluhan petani di kawasan Tambaksari Kraton, Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu diapresiasi oleh pengamat politik dari Universitas Trunojoyo, Bangkalan, Surokim.

Sadad yang juga merupakan  Ketua DPD Gerindra Jatim langsung mendengarkan uneg-uneg petani yang mengalami gagal panen dan kesulitan mendapatkan pupuk subsidi.

Surokim menilai sikap Anwar Sadad sebagai bentuk kemampuan menerjemahkan visi dan misi Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto yang konsen dalam bidang pertanian.

“Bagian dari menerjemahkan kehendak Prabowo di Jawa Timur. Itu sama dengan membumikan kiprah pak Prabowo,” kata Surokim pada Kamis (11/8).

Langkah Anwar Sadad yang rajin turun ke petani, berarti  merawat basis pemilih Gerindra yang banyak dari kalangan petani. Manuver politik itu dinilai akan menguntungkan dan akan mendongkrak suara partai tersebut di Pemilu 2024 mendatang.

“Basis pemilih Partai Gerindra selama ini salah satunya yang cukup bisa diandalkan ya kalangan petani, khususnya kelas menengah. Bagaimanapun kiprah Pak Prabowo di HKTI masih membekas kuat dibenak para petani terlebih yang ada di kelas menengah,” tuturnya.

Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) itu menilai, langkah tersebut semakin mengkristalkan pemilih Gerindra. Kader yang selama ini banyak dibina oleh Prabowo, akan semakin loyal dan total dalam memilih partai tersebut di Pemilu 2024 mendatang.

Surokim menegaskan, jika Gus Sadad konsisten secara berkelanjutan tentunya bisa memberi perhatian ke segmen pemilih tersebut. Dengan begitu, berpeluang untuk tetap meraih dukungan masih tetap terbuka.

"Sebenarnya segmen ini bukan segmen ekspansif Gerindra. Tetapi justru penguatan dan reminder utk memelihara dan menjaga pemilih loyal gerindra,” katanya.

Meski demikian, Surokim memberikan catatan agar kader Gerindra kontinyu untuk mendengarkan keluhan masyarakat kecil dan memecahkan masalah yang dialaminya, khususnya petani. Dengan kebutuhan mereka tersampaikan dan masuk dalam penyusunan anggaran di pemerintahan. Baik di Pemprov Jatim, maupun di kabupaten/kota.

Surokim meminta agar ikhtiar ini terus dilanjutkan dan diperluas sehingga kian menguatkan posisi Gerindra di hati pemilih. Mengingat memberi perhatian kepada para petani di era transisi yang tak menentu seperti saat ini, sangat butuh konsistensi dan keuletan. Maka, diharapkan pendekatan tidak hanya saat momentum menjelang Pemilu saja.

“Saya pikir ikhtiar Gerindra dan Gus Sadad tidak hanya perlu membersamai,  tetapi juga menguatkan dengan kongkrit memberi shodaqoh policy yang afirmatif dan bisa dirasakan langsung para petani dan organisasi petani saat ini,” pungkasnya.

(Pewarta : Supra)

Related News