Jaga dan Rawat Sarana Publik, Satgas Yonif 310/KK Ajak Warga Bersihkan Puskesmas

Jumat, 26/04/2024 - 14:36
Bersihkan prasarana puskesmas di perbatasan
Bersihkan prasarana puskesmas di perbatasan

Klikwarta.com, Keerom - Dengan menjaga kebersihan Puskesmas demi kenyamanan warga yang berobat, Pos Senggi Satgas Yonif 310/KK gelar karya bakti bersihkan area lingkungan Puskesmas Senggi di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (26/4/2024). 

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, karya bakti pembersihan Puskesmas dipimpin Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Satgas, Letda Inf As'ari bersama beberapa anggota Pos dan masyarakat serta para pegawai Puskesmas untuk mempercepat proses pekerjaan.

“Kegiatan ini merupakan upaya dari Satgas untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang berobat di Puskesmas ini,” ujarnya.

.

Lebih lanjut dikatakan, Puskesmas Senggi merupakan satu-satunya fasilitas kesehatan yang ada Distrik Senggi. Untuk menjaga kebersihan serta merawat lingkungan dibutuhkan peran serta warga. Diharapkan, sentuhan dan ajakan bersama-sama akan membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk peduli dan merawat sarana publik yang telah ada.

"Distrik Senggi wilayahnya cukup luas yang terdiri dari 7 (tujuh) kampung, serta letak puskesmas ini berada di jalur Trans Papua yang mengubungkan antara Jayapura-Wamena, maka tak sedikit warga yang berobat kesana," ungkap Dansatgas.

Dalam pelaksanaannya, target pembersihan tidak hanya sektor bagian luar, akan tetapi personil Satgas pun membersihkan ruangan-ruangan di Puskesmas, seperti ruang tunggu, ruang periksa, dan ruang rawat inap. Mereka juga membantu menata dan membersihkan peralatan medis yang ada di Puskesmas.

“Menjaga kesehatan harus dimulai dari lingkungan yang bersih, apalagi tempat-tempat umum seperti Puskesmas Senggi yang sering dikunjungi warga untuk berobat, haruslah selalu bersih dan terawat,” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Antonius Hamong, Amd.Kep., selaku Kepala Puskesmas Senggi mengucapkan terima kasihnya kepada Personil Satgas Yonif 310/KK yang telah membantu pihaknya dalam upaya menjaga kebersihan Puskesmas demi kenyamanan pelayanan terhadap warga.

"Saya sangat berterima kasih atas apa yang dilakukan personil Satgas dalam menjaga kebersihan Puskesmas demi kenyamanan warga yang berobat, terlebih bagi pasien yang melakukan rawat inap, sehingga proses kesembuhan mereka bisa lebih cepat tercapai," tutur Kapuskes.

(Kontributor : Arif)

Related News