Pentaskan Lakon "Wahyu Keprabon", Seniman Dalang di Karanganyar Dukung Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024

Sabtu, 28/10/2023 - 11:29
Salah satu adegan pagelaran wayang kulit berlakon "Wahyu Keprabon" yang digelar FKSDI dan DWGP, di Alun-Alun Karanganyar, Jumat (27/2023) malam.
Salah satu adegan pagelaran wayang kulit berlakon "Wahyu Keprabon" yang digelar FKSDI dan DWGP, di Alun-Alun Karanganyar, Jumat (27/2023) malam.

Klikwarta.com, Karanganyar - Tak kurang dari 80 dalang yang tergabung dalam Forum Komunikasi Seniman Dalang Indonesia (FKSDI) dan Dalang Wartoyo Wonge Ganjar Pranowo (DWGP) berkumpul di Alun-Alun Karanganyar pada Jumat (27/10/2023) malam. 

Mereka menggelar pementasan wayang kulit mengusung lakon "Wahyu Keprabon". Lakon itu sendiri mengisahkan Gatotkaca kecil yang digembleng di bawah Kawah Candradimuka, sehingga di masa dewasanya ia menjadi ksatria, dan diangkat menjadi raja di Pringgodani.

Ketua Forum Komunikasi Seniman Dalang Indonesia, Ki Gondo Wartoyo, menjelaskan bahwa pentas tersebut digelar dalam rangka menyambut hari ulang tahun Ganjar Pranowo ke-55 yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

Lebih dari itu, tujuan mereka berkumpul malam itu adalah bersama-sama memberikan dukungan untuk memenangkan Ganjar Pranowo - Mahfud MD pada Pilpres 2024 mendatang.

Bukan tanpa alasan, menurut Ki Gondo Wartoyo, selama dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah memberikan perhatian lebih terhadap kesenian, terutama wayang kulit.

"Selama menjabat Gubernur dua periode, Pak Ganjar juga telah menunjukkan bukti nyata dengan kebijakan dan program yang mendukung kemajuan seni budaya di Jawa Tengah. Sehingga, beliau memang mempunyai tempat istimewa di hati para pelaku seni, terutama dalang wayang kulit," ungkap dia kepada wartawan, di sela persiapan acara itu.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan tersebut, Ki Sulardianto, menambahkan bahwa alur cerita lakon "Wahyu Keprabon" ini dibawakan oleh 14 dalang secara bergantian dalam satu panggung. Adapun sebagai wiyaga atau penabuh gamelan dalam pementasan ini, juga para dalang. 

"Pertunjukan wayang kulit ini bukan hanya kami gelar di  Karanganyar, akan tetapi kami gelar secara road show. Sebelumnya, kami juga sudah pentaskan di Klaten, Boyolali, dan Wonogiri. Untuk selanjutnya, sudah kami rencanakan akan pentas di Sukoharjo, bahkan ke Lampung," terangnya.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk itu diawali dengan penyerahan tujuh kayon (gunungan) dan tujuh wayang Gatotkaca oleh Anggota DPR RI komisi VIII Paryono kepada 14 dalang.

Pada kesempatan itu, Paryono juga mengajak warga Karanganyar agar memberikan dukungan untuk memenangkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Ganjar Pranowo - Mahfud MD.  

"Ganjar Pranowo lahir di Tawangmangu, Karanganyar. Kita patut bangga bahwa Karanganyar akan menelurkan pemimpin nasional yang akan menjadi Calon Presiden Republik Indonesia, yaitu Ganjar Pranowo. Maka dari itu, saya pribadi sebagai sahabat beliau, mengajak warga Karanganyar apapun latar belakang saudara, untuk berjuang bersama memenangkan Ganjar Pranowo - Mahfud MD sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Pewarta : Kacuk Legowo

Related News