Kerja Keras KPPN Mukomuko di Balik Tersalurnya BLT Desa

Jumat, 22/05/2020 - 21:11
Kepala KPPN Mukomuko Rusli Zulfian saat mendampingi Bupati Mukomuko Choirul Huda (kiri) melakukan penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa Pondok Suguh Kecamatan Pondok Suguh.
Kepala KPPN Mukomuko Rusli Zulfian saat mendampingi Bupati Mukomuko Choirul Huda (kiri) melakukan penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa Pondok Suguh Kecamatan Pondok Suguh.

Klikwarta.com, Mukomuko - Kamis, 21 Mei 2020, Kepala KPPN Mukomuko, Rusli Zulfian, mendampingi Bupati Mukomuko, Choirul Huda melakukan penyerahan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa Pondok Suguh Kecamatan Pondok Suguh.

BLT Desa merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintah untuk mengatasi dampak perekonomian bagi masyarakat di desa. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, BLT Desa diberikan sebesar Rp. 600.000 untuk 3 bulan pertama dan Rp. 300.000 untuk 3 bulan berikutnya.

Tersalurnya BLT Desa tidak terlepas dari kerja keras segenap pegawai KPPN Mukomuko. Setelah Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 50/PMK.07/2020 diterbitkan pada hari Selasa 19 Mei 2020, KPPN Mukomuko segera berkoordinasi secara intensif dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko.

D

Selasa malam setelah melaksanakan buka puasa, segenap pegawai KPPN Mukomuko bekerja lembur untuk memberikan asistensi kepada BKD Kabupaten Mukomuko dalam menginput persyaratan penyaluran pada aplikasi OMSPAN dan dilanjutkan dengan proses penerbitan SP2D.

Akhirnya, SP2D Dana Desa untuk keperluan BLT berhasil diterbitkan pada Selasa Malam jam 23.31 WIB sebesar Rp.17.971.206.750 terdiri dari 2 SP2D untuk 144 desa.

Tidak hanya lembur pada Selasa malam untuk mengawal penerbitan SP2D Dana Desa, sejak Rabu Pagi KPPN Mukomuko terus berkoordinasi dengan Bank Operasional Pusat dan BPD Bengkulu untuk memastikan dana desa dapat masuk Rekening Kas Desa seluruhnya. Pada Hari Rabu, 20 Mei 2020 jam 11.45 dipastikan seluruh SP2D Dana Desa telah masuk rekening kas desa. Sehingga sejak hari Kamis, 21 Mei 2020 BLT Desa mulai dapat disalurkan ke KPM.

Rusli berharap agar BLT Desa yang telah disalurkan dapat bermanfaat untuk membantu masyarakat menjelang lebaran sekaligus dapat menggerakkan perekonomian kabupaten Mukomuko. (Red/TM)

Related News

Loading...

pers

loading...