Manfaatkan Limbah Tongkol Jagung, PT Syngenta Seed Indonesia Wilayah Gorontalo Gelar Entrepreneurship

Kamis, 01/06/2023 - 13:07
PT Syngenta Seed Indonesia Wilayah Gorontalo Gelar Entrepreneurship
PT Syngenta Seed Indonesia Wilayah Gorontalo Gelar Entrepreneurship

Klikwarta.com - PT. Syngenta Seed Indonesia Wilayah Gorontalo gelar Kegiatan Entrepreneurship Class dilaksanakan di Desa Sukamulya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Rabu ( 31/05/2022).

Dalam wawancara dengan awak media  Maudya Ummalah Alim selaku SO PT. Syngenta Seed Indonesia wilayah Gorontalo mengatakan kegiatan tersebut dihadiri oleh 25 orang petani perempuan yang terhimpun dalam komunitas Srikandi NK Gorontalo.

"Dalam pelatihan Entrepreneurship para petani membuat suatu kreativitas kerajinan tangan cermin dari tongkol jagung," Kata Maudya.

Selian itu kata Maudya kegiatan Entrepreneurship ini  diharapkan  keterampilan baru untuk ibu-ibu komunitas Srikandi NK Gorontalo. Selama ini kata Maudya setelah panen , petani hanya membuang dan membakar limbah tongkol jagung dipinggir jalan, padahal limbah jagung bisa bernilai ekonomi apabila diolah kembali.

Kata Mau Maudya Permasalahan tongkol jagung  selama ini masih menjadi limbah dan tidak dimanfaatkan dengan baik.

"Sehingga itu kami dari  PT. Syngenta Seed Indonesia Wilayah Gorontalo berfikiran untuk melakukan edukasi kepada masyarakat dengan cara membuat pelatihan secara langsung pada kelompok tani perempuan," pungkasnya.

Terakhir Maudya berharap kepada 25 kelompok tani perempuan yang sudah menerima pelatihan bisa memanfaatkan secara maksimal tongkol jagung dan menjadikan sumber penghasilan tambahan.

(Penulis : Pengki Djoha)

Related News