Mencicipi Kuliner Khas Banyuwangi, Rujak Soto

Senin, 19/02/2024 - 08:15
Kuliner Khas Banyuwangi, Rujak Soto
Kuliner Khas Banyuwangi, Rujak Soto

*Manyar Resto-Banyuwangi

Klikwarta.com, Banyuwangi - Kali ini saya berkesempatan untuk berbagi cerita sekilas perjalanan ke Banyuwangi sambil mencicipi masakan lokal. Yang unik di kota gandrung ini adalah kita bisa menikmati dua jenis masakan sekaligus. Akan ada sensasi tersendiri menikmati campuran masakan ini yang selalu akan mengundang penasaran kita. Salah satu masakan khas yang harus kalian cicipi adalah Rujak Soto.

Karena paling dicari, ada beberapa warung atau resto yang menyediakan menu Rujak Soto sebagai menu tambahan atau menu utamanya. Sebut saja jika kita mulai dari Pelabuhan Ketapang atau dari Stasiun Ketapang jika kalian menggunakan Kereta Api, dari utara ke selatan ada belasan tempat sepanjang jalan menuju kota Banyuwangi. Kita akan mudah menemukan warung rujak soto.

Tempat makan atau resto yang saya pilih saat kunjungan ini adalah Manyar Resto. Saya memilih resto ini karena lokasi yang sangat dekat dengan pelabuhan ataupun stasiun Ketapang yang hanya berjarak sekitar 2 menit saja. Selain itu Manyar Resto memiliki area yang sangat luas dengan suasana yang asri penuh pepohonan dan taman yang terawat baik. Kesan sejuk dan adem sangat terasa jika kita duduk dibagian belakang atau teras resto ini.

kuliner

Kreasi rujak berkuah ini akan bikin kamu ketagihan. Oh iya, bumbu rujak yang dimaksud di Banyuwangi adalah bumbu kacang, mungkin akan berbeda dengan bumbu rujak di tempat kamu. Walaupun awalnya sedikit aneh terdengar namun ternyata sangat enak menggelitik di lidah karena masakan ini memiliki isian yang lengkap dan ditambah bumbu petis. Kamu bisa memilih isiannya dan juga menentukan jumlah cabe yang dikehendaki sesuai selera tingkat pedas yang kamu inginkan.

Isian lengkap dari Rujak Soto berupa aneka sayuran rebus, potongan tahu dan tempe goreng, babat, telur asin yang dibelah dua, ketimun, serta lontong. Tak lupa kerupuk dan emping untuk pelengkap bersantap rujak soto. Lalu diguyur dengan kuah soto dan ditaburi seledri dan bawang goreng. Sedapnya akan bercampur dengan rujaknya. Porsinya cukup besar dan saya tidak perlu menambah nasi lagi. Saya hanya menambah minuman kesukaan jus semangka.

Saya merekomendasikan masakan ini untuk makan siang atau makan malam. Jangan lupa ya kalo ke Banyuwangi cicipi masakan khas ini.

Sebagai informasi juga bahwa Manyar Resto merupakan bagian dari Votel Manyar Hotel. Jadi kalo seumpama kamu butuh akomodasi, kamu bisa juga menginap disini sebelum menyeberang atau sebelum melanjutkan perjalanan ke Bali atau kota-kota lainnya di pulau Jawa. Hotel ini dilengkapi fasilitas bintang tiga dengan kolam renang dan akses ke pantai. Kamu bisa melakukan pemesanan langsung atau melalui online dengan harga mulai dari 350an ribu rupiah per malam termasuk sarapan pagi.

Heppi Wisata Kuliner……

-Bang Husni-  

Related News