Pemerintah Tingkatkan Kualitas SDM Orang Asli Papua

Kamis, 30/06/2022 - 16:33
Papua membangun
Papua membangun

Oleh : Rebecca Marian  )*

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Orang asli Papua (OAP) melalui berbagai pelatihan maupun pendidikan. Dengan adanya peningkatan kualitas tersebut, OAP diharapkan dapat lebih kompetitif dan mampu memajukan Papua dalam bingkai NKRI.

Papua adalah wilayah yang sangat potensial karena dikaruniai kekayaan alam dan hasil tambang. Oleh karena itu, untuk memajukan Bumi Cendrawasih maka sumber daya alamnya perlu diolah lagi. Selain sumber daya alam, SDM juga perlu ditingkatkan kualitasnya, karena warga Papua yang mengolah hasil alam dan memasarkannya.

Untuk menaikkan kualitas SDM OAP, pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja  Kota Jayapura menyelenggarakan berbagai pelatihan, di antaranya cara memotong rambut. Acara ini disambut sangat baik oleh masyarakat setempat karena mereka bisa menambah keterampilan baru sebagai modal untuk mandiri dan membuka barbershop sendiri.

Ketua Komisi D DPRD Kota Jayapura Stanis Hike menyatakan bahwa program yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja merupakan keberpihakan terhadap anak-anak asli Papua. DPRD mendukung penuh pelatihan-pelatihan seperti ini karena bisa meningkatkan perekonomian rakyat dan membuka pekerjaan baru.

Pelatihan yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura amat disambut oleh warga karena pesertanya adalah orang-orang asli Papua. Pemerintah daerah menunjukkan perhatiannya kepada OAP dan ingin agar mereka lebih mampu secara finansial. Belajar tak hanya di bangku sekolah tetapi juga bisa lewat pelatihan, yang akan meningkatkan kualitas SDM warga Papua.

Pelatihan kewirausahaan memang baik karena jika ada 1 warga Papua yang bisa memotong rambut dan membuka bisnis sendiri, otomatis akan membutuhkan karyawan. Jika usahanya terus berkembang, maka karyawannya bertambah banyak. Ia akan mengurangi tingkat pengangguran di Papua dan menolong banyak orang untuk mendapatkan nafkah. Selain itu kualitas SDM-nya meningkat dan bertambah cerdas, serta terampil.

Jumlah pengusaha di Indonesia masih relatif rendah (tidak sampai 10%) dan Dinas Tenaga Kerja ingin agar ada kenaikan agar pebisnis makin bertambah. Dimulai dari Papua, maka Indonesia Timur akan menjadi wilayah yang memiliki banyak pengusaha. Dengan begitu maka dunia bisnis di Bumi Cendrawasih akan makin dinamis.

 

Masyarakat asli Bumi Cendrawasih ditingkatkan kualitasnya dan membuktikan diri bahwa sebenarnya mereka cerdas dan terampil. Dengan terus latihan dan sabar dalam mengikuti workshop, maka akan makin mahir. Jika sudah membuka barbershop  akan ramai dikunjungi pelanggan karena hasilnya bagus. Ketika warga Papua rajin dalam menuntut ilmu melalui pelatihan, maka penghasilannya juga bertambah.

Pelatihan khusus bagi OAP tentu memberikan banyak manfaat. Hal tersebut merupakan ikhtiar untuk menaikkan skill warga Bumi Cendrawasih. Berkat pelatihan dari dinas Tenaga Kerja, maka peserta yang berasal dari OAP bisa menjadi pemotong rambut yang handal dan berdikari.

Belajar tidak hanya di bangku sekolah, tetapi juga bisa melalui pelatihan. Jika workshop yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja diadakan untuk warga asli Papua, maka mereka yang putus sekolah pun bisa mengikutinya. Belajar sampai akhir hayat dan berkat keterampilan yang dimiliki bisa jadi sarana untuk menghidupi keluarganya.

Pemerintah terus bekerja keras meningkatkan kualitas SDM untuk orang asli Papua yang dimaksudkan untuk menambah keterampilan. Dengan adanya keterampilan tersebut, maka kesejahteraan rakyat Papua diharapkan dapat lebih meningkat.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Jakarta

Tags

Related News