Penutupan STQH XII Bintan Hadirkan UAS Disejalankan Dengan Doa Bersama Sambut Ramadan

Minggu, 19/03/2023 - 10:57
Penutupan STQH XII Bintan Hadirkan UAS Disejalankan Dengan Doa Bersama Sambut Ramadan
Penutupan STQH XII Bintan Hadirkan UAS Disejalankan Dengan Doa Bersama Sambut Ramadan

Klikwarta.com, Kepri - Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Kabupaten Bintan XII yang diselenggarakan dari tanggal 15-18 Maret 2023 resmi ditutup oleh Gubenur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad di Halaman Gedung Community Center Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara, Sabtu (18/03) malam.

Tampak masyarakat Kabupaten Bintan antusias hadir memeriahkan acara ini dikarenakan penutupan STQH ini juga disejalankan juga dengan tausiyah menyambut Bulan Suci Ramadhan yang disampaikan oleh Ustaz Abdul Somad.

Adapun dalam perlombaan STQH yang telah keluar sebagai juara pertama adalah kafilah dari Kecamatan Gunung Kijang,  disusul  Kecamatan Bintan Utara di tempat kedua, Kecamatan Teluk Sebong Juara tiga dan Harapan 1 Kafilah dari Kecamatan Sri Kuala Lobam.

Gubernur Ansar dalam sambutannya menyampaikan Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi setiap muslim dan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. 

"Sebagai umat muslim, Al-Quran adalah pedoman dan merupakan kitab yang memberikan solusi bagi setiap masalah. Apapun masalah dalam hidup kita, jadikanlah Al-Quran sebagai sandaran hidup maka niscaya Allah akan mudahkan dan berikan jalan keluar dari berbagai kesulitan  dengan cara yang tidak kita sangka-sangka" ucapnya.

Kepada masyarakat, Gubernur Ansar mengajak untuk terus membumikan Al-Quran di Kepulauan Riau karena limpahan rahmat dari Allah SWT akan kita terima dengan mengamalkan nilai-nilai kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

"Harus dipahami bahwa STQ ini bukan hanya sekedar perlombaan membaca Al-Quran, namun esensi yang lebih pentingnya adalah bagaimana mendorong transformasi nilai-nilai Al-Quran dapat diimplementasikan dan jadi pegangan hidup sehingga keberkahan yang kita dapatkan," ujarnya.

Kemudian kepada seluruh masyarakat Kepri, Gubernur Ansar atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memohon maaf atas segala khilaf dan dosa yang diperbuat baik sengaja maupun tidak disengaja dan sekiranya dimaafkan sebelum memasuki Bulan Ramadan.

"Mohon Maaf lahir dan Batin, Selamat datang bulan Ramadhan 1444 H, manfaatkan bulan ini sebagai ladang amal dan indah kita sehingga dipenghujung Ramadhan kita bisa menjadi pribadi yang lebih mulia dengan predikat muttaqin," tutupnya.

Sementara itu Ustad Abdul Somad dalam tausiyahnya mengajak masyarakat untuk mencintai, mempelajari dan mengamalkan isi dari Al-Quran sehingga Negeri terpelihara dan dijauhkan dari segala bentuk bencana dan musibah.

Ustaz Abdul Somad juga terkesan dengan berbagai program Gubernur Ansar Ahmad diantaranya membudayakan sholawat nabi, pembangunan rumah singgah untuk masyarakat yang sakit di Jakarta dan Batam serta penyebaran para dai-dai di wilayah hinterland di Kepulauan Riau.

"Semoga program-program baik yang berdampak positif ke masyarakat ini dilanjutkan terus," harapnya.

Turut hadir dikesempatan ini KetuaTP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari,  Bupati Bintan Roby Kurniawan, Ketua TP-PKK Kabupaten Bintan Hafizha Ramadani , Tim Percepatan Pembangunan Kepri, FKPD Kabupaten Bintan, OPD Kepri serta Para Ulama dan Tokoh masyarakat Kabupaten Bintan.

(Kontributor  : Surya)

Related News