Peringati Kemerdekaan, Pemuda Karang Tengah Gelar Dialog Kepemudaan Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan

Kamis, 18/08/2022 - 16:36
Foto bersama usai acara
Foto bersama usai acara

Klikwarta.com, Cilegon –  Ada yang lain dalam perayaan memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun, Organisasi Pemuda Karang Tengah (OPK), Kelurahan Pabean, Kota Cilegon menggelar Dialog Kepemudaan dengan teman Pembangunan Ekonomi vs Lingkungan, Mana yang Dimenangkan?.

Dialog Kepemudaan ini diawali dengan keynote Speaker oleh Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta. Kemudian pemateri terdiri dari Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj, Lurah Pabean Nurul Hadiyati, Praktisi/Pemerhati Lingkungan Nur Cholis, serta dipandu oleh moderator Penulis dan Host Podcast Willip Online Mang Pram.

Ketua Panitia Dialog Kepemudaan Organisasi Pemuda Karangtengah Sujiman mengatakan sudah menjadi rutinitas pemuda Karangtengah melakukan kegiatan dialog seperti ini.

“Tujuannya kita membudayakan diskusi dan membahas berbagai macam persoalan dari masyarakat kampung. Jadi pemuda terbiasa melatih berfikir, menyampaikan pendapat, dan juga menerima perbedaan pendapat dari orang lain,” kata Sujiman, Rabu (17/08/2022) malam.

i

Tema yang dialog kepemudaan kali ini, dijelaskan Sujiman bahwa pemuda berhak tau konsep pembangunan apa yang akan dibangun oleh pemerintah. Serta keadilan terhadap lingkungan dan SDM yang dimiliki.

“Diskusi ini kita ingin sama-sama belajar dan tukar pendapat dari berbagai sudut pandang. Akan lebih menarik karena mendapatkan banyak informasi dari hasil diskusi ini,” ujarnya.

Banyak permasalahan yang dibahas dalam Dialog Kepemudaan, mulai dari pengangguran, masalah kerusakan lingkungan, jalan rusak yang lambat diperbaiki, hingga berbagai potensi unggulan Pabean seperti pertanian dan peternakan.

Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj saat menjadi pemateri menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Organisasi Pemuda Karangtengah yang membuat kegiatan beda dengan yang lainnya.

“Saya sangat suka bisa berdialog dengan siapa pun, apalagi saat ini sama pemuda. Kita bisa saling tukar pikiran, baiknya kita terima untuk peningkatan kualitas diri, tidak baiknya Kisa sama-sama berbenah agar jangan mengulangi kesalahan yang sama,” katanya.

iu

Sebagai pimpinan legislatif, Isro Mi’raj menyampaikan pesan bahwa pemuda dan masyarakat silahkan untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Cilegon.

“Aspirasi masyarakat bisa disampaikan dua cara, pertama dengan musrembang kelurahan jalur eksekutif, bisa juga dengan menyampaikan reses anggota dewan,” lanjut Isro Mi’raj.

Isro Mi’raj berharap dialog dan diskusi kepemudaan semacam ini bisa dicontoh oleh organisasi lainnya dalam merayakan hari kemerdekaan RI. Sehingga makin banyak pemuda kritis dan peduli dengan pembanguan dan permasalahan di lingkungannya.

“Jika ada yang bertanya, saya akan jawab sesuai kapasitas sebagai legislator. Saya sangat senang jika diajak berdialog bersama pemuda yang nanti menjadi generasi penerus pembangunan di Cilegon,” pungkasnya.(Safarudin).

Related News