Senam Sehat, Bupati Roby Temu Wicara bersama Masyarakat Desa Penaga

Selasa, 11/06/2024 - 18:48
Bupati Roby saat memberikan bantuan sembako kepada lansia di Desa Penaga, Kecamatan Telok Bintan, Selasa (11/07/2024).
Bupati Roby saat memberikan bantuan sembako kepada lansia di Desa Penaga, Kecamatan Telok Bintan, Selasa (11/07/2024).

Klikwarta.com, Bintan - Bupati beserta OPD Kabupaten Bintan mengadakan senam sehat dan temu wicara bersama warga Desa Penaga, Kecamatan Telok Bintan, Selasa (11/07/2024).

Senam sehat dan temu wicara ini dilakukan guna menjalin tali silaturahmi antara masyarakat dan pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pemerintah di masa yang akan datang. Kegiatan ini juga merupakan bentuk keseriusan pemerintah guna menjemput bola terkait, permasalahan yang terjadi dan dalam melayani masyarakat.

"Pemerintah ingin mendengarkan secara langsung dari warga soal keluhan dan masukan saran di tengah-tengah masyarakat", jelas Bupati Roby.

Seperti halnya ketua RW 01 Yusuf dan kepala PAUD Padi Mas Desa Penaga mengeluhkan terkait kurangnya tenaga medis, lampu jalan yang padam, serta sporadik bangunan (gedung) PAUD serta penambahan honor.

Merespon hal itu, Bupati Roby menjelaskan pada tahun ini ada perbaikan gedung dan menghitung ulang akan tambahan honor pengajar PAUD. Sedangkan terkait adanya lampu jalan yang padam segera akan dibenahi, bersama kepala puskesmas nanti, tenaga medis juga akan segera ditambah.

"Terkait sporadik dengan banyaknya permasalahan tanah, kita berupaya dan melakukan pendampingan bersama Ombudsman, sehingga ke depan pelayanan akan tanah dapat bisa selesai permasalahannya", jelas Roby.

Lanjutnya, pada Tahun 2024 ini ada beberapa yang dianggarkan seperti pengadaan pembuatan jaring apung. "itu ada Rp40 juta untuk pokdakan di Desa Penaga. Kemudian ada alat penangkap ikan jaring udang lengkap dan alat-Alat pengangkat ikan jaring Apollo juga kita anggarkan dan berbagai macam sarana dan prasarana", urainya.

Sambungnya, "kita butuh kolaborasi yang luar biasa dan tidak hanya mengandalkan APBD Kabupaten, karena APBD kita kecil. Alhamdulillah kita dapat juga support dan dukungan dari pemerintah provinsi untuk peningkatan sarana dan prasarana di Kabupaten Bintan, cukup besar sebelum Pak Ansar dulu menjabat, pada tahun 2020 itu maksimal Rp19 miliar saja anggaran dari provinsi masuk. Namun, mulai 2021, 2022 itu hampir Rp60-Rp70 miliar", jelasnya lagi.

"Bapak Ibu anggaran provinsi untuk membantu dalam membangun Kabupaten Bintan 2023 kemarin hampir Rp100 miliar, jadi memang kita perlu kolaborasi perlu dukungan yang kuat karena memang membangun Bintan ini kita tak bisa mengandalkan APBD sendiri, sehingga memang perlu kolaborasi dan harus sejalan", tambahnya.

d
Senam Sehat bersama Masyarakat Desa Penaga, Kecamatan Telok Bintan

Sementara itu, kata Roby, juga ada beberapa hal yang diusulkan Pak Kades seperti contoh yang di tanah merah. "karena jalan itu selalu terendam, sekarang sudah mulai ditinggikan, nanti setelah selesai, masyarakat akan mudah beraktivitas. Insya Allah kita juga akan terus melanjutkan beberapa program-program prioritas seperti kolaborasi bersama pemerintah desa seperti BLT lansia. Hari ini juga, kita mengharapkan seluruh lansia itu bisa dapat BLT. Oleh karena keterbatasan anggaran yang ada, kita baru mampu menganggarkan kurang lebih 5000-an lebih, pelan-pelan kita akan tambah", papar Roby.

Disamping itu, Roby juga mengharapkan ketua RT dan ketua RW untuk mendata lansia yang mendapatkan BLT lansia dan dilaporkan, sehingga nanti bisa dapat tambahan.

Sedangkan terkait pendidikan, Bupati Robi mengatakan, bahwa di tahun 2024 telah menambahkan anggaran beasiswa pendidikan bagi yang melanjutkan kuliah.

"Biasanya kita anggarkan satu miliar, namun tahun ini kita tambahkan jadi Rp 2 miliar. Anak kita punya bakat olahraga dan lain-lain itu juga bisa dapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah", terangnya.

Soal pekerja, Bupati Roby juga memberikan penganggaran bantuan BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja-pekerja informal, diantaranya yang berprofesi sebagai nelayan, buruh tani, tukang ojek dan beberapa pekerjaan-pekerjaan rentan lainnya.

Ditambahkannya, juga akan melakukan evaluasi pelatihan-pelatihan bersertifikasi. "ini kami perlu menyampaikan informasi itu lebih banyak, karena kadang beberapa kali saya berkunjung ada anak yang menayakan buat pelatihan. Sekarang ini lagi zaman teknologi/konten kreator, makanya nanti tempelkan pemberitahuan sehingga nanti bisa kita berikan informasi secara maksimal", ungkapnya.

Diakhir acara, Bupati memberikan pertanyaan pada anak-anak hafal Pancasila dan sekaligus memberikan hadiah dan sembako bagi para Lansia. 

Pewarta: Surya

Related News