TMMD ke-112 di Kabupaten Gunung Mas Resmi Dibuka

Rabu, 15/09/2021 - 13:11
TMMD ke-112 di Kabupaten Gunung Mas Resmi Dibuka
TMMD ke-112 di Kabupaten Gunung Mas Resmi Dibuka

Palangka Raya - Dandim 1016 Palangka Raya Kolonel Inf Rofiq Yusuf bersama Bupati Gunung Mas Jaya S Monong membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112, Rabu 15 September 2021.

TMMD tahun ini mengangkat tema Wujud Sinergi Membangun Negeri. Kegiatan diawali pembacaan laporan kesiapan kemudian penandatanganan naskah berita acara TMMD. 

Bupati Gumas mengatakan, program TMMD ini berupa akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan. Khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Sasaran yang dipilih pada TMMD, berdasarkan skala prioritas melalui kajian sehingga berpadu dengan program pemerintah daerah, dan diharapkan menjadi rencana program pembangunan daerah berkelanjutan. 

Pada program TMMD bukan hanya sasaran fisik saja yang diberikan, tetapi juga sasaran nonfisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba, kamtibmas, dan materi-materi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat (AD) untuk membangun bangsa dan negara secara berkesinambungan. Saya menyambut baik kegiatan ini yang dalam pelaksanaannya ini, sangat membantu masyarakat," katanya. 

Pada kesempatan itu, Kolonel Rofiq Yusuf menjelaskan bahwa TMMD meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik antara lain pembangunan badan jalan menuju lahan pertanian SMK Kampuri. 

Kemudian pembangunan pos Kamling Kampuri, pembangunan/peningkatan/finishing rumah Ibadah (Masjid dan Gereja) di Kelurahan Kampuri. 

Sementara kegiatan non fisik meliputi Vaksinasi, pengobatan gratis, penyuluhan Stunting, pelayanan KB kesehatan, penyuluhan pertanian, Kamtibmas, Narkoba, Karhulta hingga penyuluhan wawasan kebangsaan.

"Harapan besar saya di kegiatan TMMD ini adalah bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dengan kegiatan ini dapat membantu kesulitan masyarakat," tutupnya.

(Pendim 1016/Plk)

Related News

loading...