Berikut Beberapa Kado Istimewa Kabupaten Malang Pada Hari Jadi ke-1262

Selasa, 29/11/2022 - 01:45
Bupati Malang, H. M Sanusi, saat diwawancara, Senin (28/11/2022).
Bupati Malang, H. M Sanusi, saat diwawancara, Senin (28/11/2022).

Klikwarta.com, Kabupaten Malang - 28 November 2022 menjadi momen yang sangat istimewa bagi masyarakat Kabupaten Malang karena masih diberi anugerah dan nikmat kesempatan untuk memperingati Hari Jadi ke-1262 tahun. Sebuah perjalanan yang sangat panjang dan penuh lika-liku, serta pasang surut.

Pasalnya, tahun ini juga menjadi tahun ujian bagi sebagian masyarakat Kabupaten Malang yang tertimpa musibah bencana alam di beberapa wilayah. Seperti banjir bandang, angin kencang hingga tanah longsor dan musibah 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan yang menyita perhatian banyak pihak.

Meski demikian, terdapat beberapa progres perkembangan daerah dan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Malang yang menjadi kado istimewa pada hari jadi ke-1262 Kabupaten Malang, tahun ini, diantaranya:

Progres penurunan stunting, terus menunjukkan capaian yang positif. Data Bulan Timbang Februari 2018, stunting di Kabupaten Malang mencapai angka 20%. Pada Bulan Timbang Agustus 2022, angka stunting dapat ditekan sampai dengan 7.8%.

Kabupaten Malang telah memiliki 22 Desa wisata. Bahkan diantaranya telah berhasil menorehkan prestasi, seperti Desa Wisata Pujon Kidul yang mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 kategori Desa Mandiri Inspiratif. Selanjutnya, Desa Sanankerto, meraih Juara III Kategori Desa Daya Tarik Wisata. Desa Wisata Sanankerto juga mendapat apresiasi dari forum internasional atas keikutsertaannya dalam ASEAN Rural Development and Poverty Eradication Awards ke-5 Tahun 2022.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Malang, juga berhasil mewujudkan pembangunan Jembatan Pelangi, di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Jembatan ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Di tahun ini pula, Pemkab Malang, telah mewujudkan pengembangan Kampus Universitas Brawijaya yang berada di wilayah Kecamatan Kepanjen. Selain itu, juga telah ditandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah dan Berita Acara Serah Terima Hibah Tanah Milik Pemerintah Kabupaten Malang, yang diserahkan kepada Kementerian Agama untuk pengembangan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Di bidang investasi dan penanaman modal. Tahun 2022 sampai dengan Triwulan III, tercatat nilai investasi yang masuk mencapai lebih dari delapan triliun rupiah. Pemkab Malang juga terus melakukan berbagai upaya strategis untuk mewujudkan pembangunan inklusif, partisipatif dan kolaboratif, melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan dan sektor industri kreatif di Kabupaten Malang.

Berkaitan dengan itu, disampaikan bahwa tahun ini telah dikukuhkan Forum CSR Kabupaten Malang, sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Malang Nomor: 188.45/675/KEP/35.07.013/2021. Hal ini juga menjadi salah satu pendorong mulai banyaknya program CSR yang diimplementasikan di Kabupaten Malang.

Diantaranya, CSR pengembangan pendidikan di beberapa sekolah, CSR pembangunan infrastruktur seperti jembatan desa, CSR pedagang terdampak kebakaran di Pasar Bululawang dan program bantuan 1.000 sak semen untuk korban bencana hidrometeorologi di Kabupaten Malang.

Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, saat ini juga terus menunjukkan progres yang positif. Terakhir, Pemkab Malang telah melaksanakan FGD bersama Wakil Gubernur Jawa Timur dan beberapa perwakilan pejabat Kementerian untuk membahas pengembangan sektor pendidikan di KEK Singhasari.

Selain hal tersebut di atas, Kabupaten Malang juga berhasil memperoleh berbagai penghargaan selama kurun waktu satu tahun terakhir.

"Semoga seluruh upaya yang telah dicurahkan untuk Kabupaten Malang, dapat menjadi spirit keteladanan bagi kita semua yang saat ini sedang berjuang untuk mewujudkan kemakmuran sebagaimana yang di cita citakan", ucap Bupati Malang, H. M Sanusi, pada sidang paripurna peringatan hari jadi ke-1262 Kabupaten Malang, di gedung DPRD, Senin (28/11/2022).

Tak lupa, Sanusi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari jajaran aparatur pemerintah hingga insan pers dan seluruh elemen pembangunan di Kabupaten Malang. Di mana selama kurun waktu satu tahun terakhir, telah memberikan kontribusi sekaligus atensi kepada Kabupaten Malang dan masyarakat secara keseluruhan.

Pewarta : Edy

Related News