Serah Terima Jembatan Gantung Way Biha di Hadiri Wabub Pesibar

Rabu, 29/06/2022 - 20:27
Serah Terima Jembatan Gantung Way Biha, Rabu (29/06/2022).
Serah Terima Jembatan Gantung Way Biha, Rabu (29/06/2022).

Klikwarta.com, Pesisir Barat - Wakil Bupati Pesisir Barat (Wabub Pesibar) A Zukqoini Syarief, menghadiri serah terima, Jembatan Gantung Way Biha di Kabupaten Pesisir Barat oleh pemerintah pusat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat, Krui, Rabu (29/06/2022).

Diketahui, sebelumnya Jembatan Gantung way biha ini masuk dalam Barang Milik Negara yang dibangun oleh Kementerian PUPR, pada tahun 2022 ini diserah terimakan Kepada Pemkab Pesibar.

"Dengan adanya proses serah terima Barang Milik Negara (BMN) ini maka untuk selanjutnya, operasi dan pemeliharaan jembatan gantung akan dilakukan oleh Pemda Pesibar. Selain itu, diharapkan masyarakat dapat turut membantu menjaga dan memelihara jembatan gantung tersebut, serta menggunakannya sesuai dengan peruntukannya", ujar Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) lampung, ibu Rien Marlia,ST.,MT.

Dikatakannya, Jembatan gantung ini hanya untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua, namun bila dalam keadaan darurat, boleh digunakan untuk Ambulance.

Diwaktu yang sama, Wakil Bupati Pesibar, A Zulqoini Syarif, menyampaikan bahwa pembangunan sarana transportasi memiliki peranan yang penting dalam hal mobilitas masyarakan guna menuju ke pusat kegiatan pemerintahan, kesehatan, pendidikan serta menunjang pertumbuhan perokonomian.

"Pembangunan Jembatan Gantung Way Biha ini bertujuan untuk mempermudah akses transportasi khususnya bagi masyarakat pekon Ulok Manik dan pekon Pakun Ngara menuju pusat- pusat kegiatan masyarakat seperti sekolah, puskesmas, pasar dan lain-lain. Terimakasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan kepada Pemkab Pesisir Barat dalam membangun jembatan Way Biha ini. Dimana sebelum dibangun ulang jembatan ini masyarakat harus mengambil rute yang lebih jauh dan memakan waktu yang cukup lama", ucap Wabup.

"Terimakasih juga disampaikan kepada Balai Pelaksana Jalan Nasional Lampung, karena telah membantu mulai dari informasi program pembangunan, proses penerimaan usulan, administrasi, serta pelaksanaan pembangunan", tandas Zulqoini.

Diketahui, Jembatan Gantung Way Biha memiliki panjang 60 meter dan Lebar 180 Cm, yang dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada tahun 2021. 

Adapun Pembangunan jembatan gantung tersebut, bertujuan untuk menghubungkan akses jalan warga Pekon Paku Negara dan Pekon Ulok Manik Kecamatan Pesisir Selatan dan untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

(Pewarta: Jokson)

Related News