Pemuda Jawa Bengkulu Bersatu

Jumat, 22/01/2021 - 21:41
Pemuda Jawa Bengkulu Bersatu
Pemuda Jawa Bengkulu Bersatu

Klikwarta.com, Bengkulu - Di era kemajuan zaman saat ini, menjaga kerukunan dan persatuan menjadi topik hangat diberbagai kalangan. Terlebih munculnya isu radikalisme dan intoleransi yang mengancam persatuan bangsa Indonesia saat ini.

Melihat hal tersebut, Ikatan Pemuda Jawa Bengkulu (IPJB) menggalang semangat persatuan melalui ajang meningkatkan silaturahmi dan kerukunan. Berbagai agenda kepemudaan untuk menumbuhkan semangat persatuan terus dilakukan. 

"Semangat Persaudaraan (seduluran selawase) harus terus kita bangkitkan. Pemuda Jawa Bengkulu berinisitatif menumbuhkan hal tersebut melalui generasi milenial", ungkap Sugiyanto selaku ketua IPJB didampingi Muhsinin selaku Pembina IPJB, Jumat (22/01/2021).

Menurut Sugiyanto, meningkatkan silaturahmi dengan semangat gotong royong merupakan pengamalan Pancasila yang harus ditanamkan sejak dini kepada para generasi milenial.

"Jika kita sudah bersatu dalam ajang silaturahmi, tentu dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila akan lebih mudah. Seperti kita ketahui bersama, kalangan pemuda sangat penting dalam menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Maka dari itu, berbagai kegiatan positif didalam ikatan sangat dibutuhkan untuk saat ini", sampainya.

Sambungnya, untuk saat ini, Pemuda Jawa Bengkulu mulai menggagas berbagai kegiatan positif dikalangan pemuda maupun masyarakat, khususnya di Provinsi Bengkulu. Sebagai langkah awal, Pemuda Jawa Bengkulu telah berkomitmen dalam meningkatkan semangat persaudaraan, baik itu antar sesama etnis Jawa maupun etnis lainnya. 

"Saatnya pemuda hadir ditengah masyarakat dengan program-program positif. Peduli terhadap situasi masyarakat yang membutuhkan uluran tangan, serta turut serta dalam membangun kemajuan daerah", ungkap Sugiyanto.

Menyikapi banyaknya persoalan masyarakat, lanjut Sugiyanto, IPJB akan berusaha untuk turun tangan sedikit membantu kepada masyarakat yang membutuhkan melalui aksi-aksi kegiatan sosial ataupun yang lainnya. 

Di sisi lain, terhadap kalangan pemuda, IPJB akan mengajak membangun motivasi persatuan yang solid dengan meningkatkan silaturahmi dan semangat persaudaraan yang akan diterapkan dalam setiap aktivitas sehari-hari.

Sementara Muhsinin, selaku Pembina IPJB Bengkulu juga memberikan dukungan dan semangat kepada pengurus IPJB saat ini. Ia berharap, kedepannya organisasi IPJB terus berkembang dan punya nilai manfaat bagi kalangan pemuda maupun masyarakat, khususnya di Bumi Rafflesia yang kita cintai ini.

"Berdirinya IPJB digagas dengan semangat persaudaraan. Dalam prosesnya, selalu mengedepankan semangat kegotong royongan dan mempererat tali silaturahmi", terangnya.

Lanjut Muksinin, dirinya mengajak kalangan Pemuda Jawa di Provinsi Bengkulu, termasuk kalangan mahasiswa yang tersebar di berbagai perguruan tinggi untuk turut serta dalam memajukan IPJB. 

"Kehadiran adik-adik selaku generasi penerus sangat diharapkan. Bersatu untuk terus menjaga kerukunan dan bersosial sesuai kebudayaan kita, tentu akan menjadi nilai plus dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara", pungkasnya. (red/andi) 

Tags

Related News