Pengibaran 109 Benderà KAA Sebagai Bukti Sejarah Diplomasi

Senin, 18/04/2022 - 21:17
Pengibaran 109 Benderà KAA Sebagai Bukti Sejarah Diplomasi
Pengibaran 109 Benderà KAA Sebagai Bukti Sejarah Diplomasi

Klikwarta.com, Bandung -  Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menghadiri dan menyaksikan langsung pengibaran 109 bendera anggota Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika dan Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) yang dikibarkan dalam peringatan ke- 67 Konferensi Asia Afrika (KAA), berlangsung di Jalan Asia Afrika No. 65 Kota Bandung, Jawa Barat.

Kehadiran Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, di Kantor Pendam III/Slw, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Senin (18/4/2022).

.

Lanjut Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menyampaikan, dengan kehadiran Pangdam III/Slw itu memiliki makna penting. Pasalnya pada tanggal 18 April adalah peringatan Konferensi Asia Afrika, sejarah mencatat KAA merupakan pertemuan negara-negara Asia Afrika solideritas dan persatuan pada 18 hingga 24 April 1955 lalu di Bandung.

“Diharapkan, baik kaum intelektual maupun semua warga masyarakat Bandung khususnya dan seluruh penduduk Indonesia pada umumnya, mau menggali sejarah pada tahun 1955 terjadi ketika negara-negara Asia Afrika berkumpul di Bandung dalam sebuah konvensi yang pada intinya akan memunculkan gerakan non blok dari KAA,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Duta Besar Teguh Wardoyo seusai memimpin upacara pengibaran bendera mengatakan, melalui peringatan KAA ini akan tercipta ruang pendidikan publik terhadap signifikansi nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam diplomasi politik Internasional.

.

“Kegiatan ini memiliki arti penting yang menjadi kebanggaan, tidak hanya bagi masyarakat Bandung khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya, namun berpengaruh terhadap bangsa-bangsa di Asia dan Afrika,” tegasnya.

Hadir pada acara tersebut, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Wakapolda Jabar, Wakil Gubernur Jabar, dan perwakilan Duta Besar Teguh Wardoyo serta pejabat lainnya. 

(Kontributor : Arif)

Related News