Ratusan Warga Kalipare Gelar Salat Istisqa Minta Hujan

Kamis, 16/11/2023 - 15:54
Ratusan Warga Kalipare Gelar Salat Istisqa Minta Hujan
Ratusan Warga Kalipare Gelar Salat Istisqa Minta Hujan

Klikwarta.com, Kalipare - Musim kemarau panjang menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Malang dilanda kekeringan. Meski saat ini mulai memasuki musim penghujan, namun wilayah Malang Selatan masih kering kerontang. Menyiasati bencana tersebut, ratusan warga Putukrejo Kalipare menggelar salat istisqa untuk meminta hujan kepada Allah SWT.

Dalam ajaran agama islam, shalat istisqa' merupakan bentuk ikhtiar umat muslim kepada Allah SWT untuk meminta segara diturunkan hujan saat musim kemarau panjang.

Diikuti oleh ratusan warga, salat istisqa berlangsung penuh khidmat di Area persawahan dusun Krajan 3, desa putukrejo Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Rabu(15/11/2023).

Ketua Ranting NU Putukrejo mengatakan, digelarnya salat sunah ini sebagai bentuk ikhtiar warga untuk memohon agar desa setempat diberikan keberkahan lewat air hujan.

h

“Dengan digelarnya salat Istisqa ini semoga Allah segera menurunkan hujan, khususnya di wilayah Kecamatan kalipare dan Kabupaten Malang pada umumnya,” ujarnya.

Disisi lain,salah satu pegiat sosial Sam Kaconk yang juga koordinator komunitas sosial kota malang mengatakan  disamping musim kemarau dampak Iklim El Nino membuat kemarau panjang dan cuaca ekstrim, yang harus dihadapi bersama.

Berbagai usaha dilakukan untuk membantu kesulitan kebutuhan a warga mulai dari droping air bersih dari pemerintah kabupaten malang, Sat Brimob Polda Jatim, komunitas L300, yayasan sejuta kebaikan dll.

“Nantinnya akan ada program penghijauan dari teman teman alamku hijau,para seniman Jawa Timur  dan lintas komunitas
Serta nguri nguri lagi program sumur resapan yang diinisiasi oleh PC ISNU Kabupaten malang diperbanyak lagi, mudah -mudahan agenda tersebut berjalan dengan baik dan warga malang selatan tidak lagi kekeringan bila kita menjaga alam", tutupnya.

Kontributor : Arif

Related News