Tanggapi Keluhan Warga, Dirut PDAM Kabupaten Malang Sarankan Penggunaan Teknologi

Senin, 10/02/2020 - 23:16
Dirut PDAM Kabupaten Malang (Samsul Hadi) kiri.
Dirut PDAM Kabupaten Malang (Samsul Hadi) kiri.

Stop Hoax

Klikwarta.com, Kota Malang - Menanggapi keluhan warga terhadap kebutuhan air bersih, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang (Samsul Hadi) sarankan penggunaan teknologi untuk mengolah air sungai.

Misalnya di Kabupaten Malang, upaya dalam memberikan pelayanan kebutuhan air warga, secara geografis ada wilayah yang surplus air dan masih ada juga wilayah  yang kekurangan air seperti wilayah Malang Selatan.

Dengan itu, selain cara yang selama ini sudah dikerjakan maka perlu juga menggunakan teknologi untuk mengolah air sungai yang ada, agar menjadi air minum khususnya di wilayah yang krisis sumber air dan ini sudah mulai direncanakan, semoga bisa segera terealisasi, demikian kata Samsul pada acara obrolan kampung yang di selenggarakan Dewan Kampung Nuswantara (DKN) Kota Malang, Minggu (9/2/2020) malam.

Samsul mengakui, persoalan kebutuhan air bersih memang selalu jadi keluhan masyarakat, tak hanya di Kota Malang, masyarakat di Kabupaten Malang juga sering mengeluhkan hal yang sama.

Namun kata Samsul, ini perlu pemahaman bahwa, khususnya PDAM Kabupaten Malang dalam menyalurkan air bersih kepada pelanggan memakai sistem jaringan, jadi jaringan harus memadai, artinya, jaringan tersebut bisa di tembuskan kepada semua masyarakat, sehingga ketersediaan air bisa di konsumsi oleh masyarakat luas.

Selain itu, di butuhkan adanya sinergi, karena air baku itu tidak serta merta ada di wilayah salah satu Daerah di Malang Raya, contohnya di Kota Batu. Air di Kota Batu juga di butuhkan untuk Kota Malang dan Kabupaten Malang, demikian sebaliknya, sumber air yang ada di Kabupaten Malang masih di butuhkan oleh Kota Malang, jelasnya.

Menurut Samsul, untuk kebutuhan air di Malang Raya, banyak potensi yang harus di bangun bersama-sama, sebab Pemerintah juga telah mencanangkan staff regional, artinya salah satu potensi yang bisa di manfaatkan oleh beberapa PDAM. Jadi, ini yang harus kita kembangkan dan dukungan dari pemerintah Daerah harus di manfaatkan, sehingga bagaimana caranya agar kebutuhan kecukupan air bersih di malang raya bisa tercukupi.

Dengan demikian, kita perlu membangun komunikasi yang baik, bersinergi sehingga kita bisa melayani masyarakat dengan baik, "Malang Raya milik kita", tutup Samsul.(ed)

Related News

Loading...
loading...