Wabup Blitar Pastikan Siap Bantu Izin Usaha ke Eks Napiter

Rabu, 21/09/2022 - 20:12
Wabup Rahmat Santoso Hadiri Pembinaan Kewirausahaan kepada Eks Napiter di Kabupaten Blitar
Wabup Rahmat Santoso Hadiri Pembinaan Kewirausahaan kepada Eks Napiter di Kabupaten Blitar

Klikwarta.com, Kabupaten Blitar - Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso memastikan akan memberikan kemudahan perizinan usaha kepada mantan Narapidana Terorisme (Napiter) di Kabupaten Blitar yang hendak membuka bisnis atau berwirausaha. 

Kepastian ini dikatakan Rahmat ketika menghadiri acara Pembinaan Kewirausahaan Kepada Mantan Narapidana Teroris, Rabu (21/9/2022) di Balai Kelurahan Babadan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar. 

Wabup Rahmat juga siap membantu pemasaran produk-produk hasil kewirausahaan eks Napiter tadi ke Alfamart, Indomaret dan toko-toko modern sejenisnya. 

Orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini berharap dengan adanya kesempatan itu bisa merangsang eks napiter yang berwirausaha sukses bisnis di pangsa pasar yang baik.

"Jadi kami pemerintah daerah tentunya siap membantu untuk perizinannya agar mereka bisa segera berbisnis untuk usahanya juga," tukasnya.

Direktur Deradikalisasi BNPT Irfan Idris menyebut, di Blitar ada 12 eks narapidana teroris yang menjadi warga binaan BNPT. Dikatakannya, pembinaan dilakukan sejak mulai di dalam lapas melalui program deradikalisasi hingga bebas dengan pembinaan kewirausahaan secara kelompok.

“Di luar juga ada identifikasi, di mana dia tinggal, dengan siapa dia tinggal, apa pekerjaannya, kemudian kami lakukan pembinaan wawasan kebangsaan, keagamaan, dan kewirausahaan,” ungkapnya.

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News