Wujud Rasa Cinta NKRI, Pemda Kaur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sabtu, 01/06/2024 - 16:31
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Rama Wijaya, Ketua Pengadilan Negeri Bintuhan.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Rama Wijaya, Ketua Pengadilan Negeri Bintuhan.

Klikwarta.com, Kaur – Pemerintah Daerah Kabupaten Kabupaten Kaur. Melaksanakan Peringatan Hari Lahir Pancasila, sebagai wujud rasa cinta pada dasar negara Kesatuan Republik Indonesia. Di lapangan Kantor Bupati komplek perkantoran Padang Kempas Bintuhan, Sabtu (01/06/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Rama Wijaya, Ketua Pengadilan Negeri Bintuhan. Upacara diikuti oleh Bupati Lismidianto, Dandim 0408/BS di Wakili Pabung Kodim 0408/BS Kapten Inf Henry Marpaung, Kapolres diwakili Kapolsek Kaur Selatan AKP Ryokun Atmojo, Ketua DPRD diwakili Waka II Alpensyah, Kajari diwakili oleh Kasi Pidum Novi Saputra, Ketua Pengadilan Agama Bintuhan Zuhri Imansyah, Ketua Presidium Samhardi Saleh, Sekda Ersan Syafiri, Para Asisten, Para Staf Ahli ,Para Kepala OPD, Camat se-kabupaten Kaur, serta tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama, Sedangkan peserta upacara terdiri dari satu Peleton TNI, satu Peleton Shabara Polres Kaur, ASN dan honorer, siswa SLTP dan SLTA dalam wilayah Kabupaten Kaur.

v

Dalam amanatnya Inspektur Upacara menyampaikan, patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, tentulah Pancasila dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya menjadi bintang, yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita -cita luhur pendiri negara,” jelasnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia  Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas, yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, imbuhnya “saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, ditengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih, gotong royong seluruh anak bangsa, dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua, untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Pungkasnya mengakhiri kata sambutannya. (ADV)

PEWARTA: SULAIMAN

Related News