Bak Surga Tersembunyi, Ini Sederet Potensi Wisata Desa Tanjung Kuaw

Senin, 15/11/2021 - 23:17
Kades Tanjung Kuaw dan salah satu anggota Tim Trip Klikwarta.com saat berada di bawah air terjun. Foto: Istimewa/Doc.klikwarta.com
Kades Tanjung Kuaw dan salah satu anggota Tim Trip Klikwarta.com saat berada di bawah air terjun. Foto: Istimewa/Doc.klikwarta.com

Klikwarta.com, Seluma/Bengkulu - Sobat Pesona mungkin sudah mengenal Desa Tanjung Kuaw, yang berada di Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Atau mungkin Sobat ingin tahu keindahan apa saja dalam potensi alam yang berada di desa tersebut. 

Baca juga: Mengenal Desa Tanjung Kuaw

Simak perjalanan tim Trip Klikwarta.com bersama Perangkat Desa dan warga saat mengeksplor sederet potensi alam di Desa Tanjung Kuaw, berikut ini:

1. Eksplorasi Air Terjun 

klikwarta
Tim Trip Klikwarta bersama warga dan Perangkat Desa Tanjung Kuaw saat foto bersama di depan Air Terjun

klikwarta6

Desa Tanjung Kuaw ternyata memiliki berbagai daya tarik tersendiri dalam hal potensi alam dan sederet potensi destinasi wisatanya, seperti halnya air terjun ini. Keindahannya luar biasa mempesona. Air terjun ini tingginya kurang lebih sekitar 15 meter, dengan debit air yang tidak terlalu deras. Indahnya lagi, air terjun ini bertemu dengan aliran sungai yang jernih dengan luas sungai sekitar 30 meter, debit airnya pun tidak terlalu deras, sehingga cocok buat anda yang hobi berenang.

"Air terjun ini ketika kita berada dibawahnya serasa seperti dipijat (pijat refleksi), nyaman dan begitu sejuk," sebut Kades Tanjung Kuaw Heri Yulianto, Minggu (14/11/2021) saat berada dilokasi bersama tim Trip Klikwarta.

2. Eksplorasi Sungai Pemandian

klikwarta2
Tim Trip Klikwarta bersukaria di area pemandian sungai

klikwarta7

Air yang jernih, cukup dangkal dan arus yang cukup tenang, menawarkan kesejukan dan kenyamanan untuk mandi di lokasi sungai ini. Pesonanya semakin indah karena berdampingan dengan air terjun dan bebatuan besar serta hamparan napal (padas) yang membentang ditepian sungai. Bagi anda yang suka berenang serta berswafoto di lokasi ini, tentu tidak akan menyesal. Super recommended untuk dijajal. 

"Airnya jernih, disini sepanjang tidak terjadi hujan lebat, debit airnya sangat mendukung untuk kita mandi, baik untuk remaja, dewasa maupun anak-anak kecil. Segera, tempat ini akan kita buka untuk umum. Semoga apa yang menjadi impian Desa Tanjung Kuaw untuk memiliki destinasi wisata unggulan tercapai", ungkap Kades Yulian, sapaan akrabnya.

3. Eksplorasi Goa Kelambit (Goa Kelelawar Besar)

Klikwarta3
Kadun Desa Tanjung Kuaw saat bersantai disekitar lokasi Goa Kelambit

klikwarta8

Tebing sedikit melengkuk kedalam dengan indahnya lumut hijau menghiasi tepian sungai dan menambah kesejukan diarea ini. Tak jauh dari lokasi juga terdapat goa kelelawar, atau kalau sebutan masyarakat sekitar adalah Goa Kelambit. Kenapa disebut demikian, konon goa ini memiliki misteri tersendiri. Sebagaimana diceritakan Kadun Desa Tanjung Kuaw, bahwa goa ini dihuni banyak kelelawar dan cukup asri. Sebab, cukup jarang warga yang mengunjunginya, bahkan banyak yang belum mengetahuinya. 

"Banyaknya kelelawar dan indahnya alam sekitar, memiliki daya tarik tersendiri. Dijamin, ini nantinya pasti menjadi daya tarik bagi para pelancong atau traveler", ungkap Kadun saat dijumpai tim Trip Klikwarta.

4. Eksplorasi Keindahan Pemandangan dari Atas Bukit

klikwarta4
Pemandangan dari atas bukit dengan pesona alam serta sungai membentang sejuk dipandang mata

klikwarta9

Dibawah lereng curam perbukitan, terhampar pemandangan luas yang indah menyejukan mata. Sungai yang membentang bertemu air terjun dapat dilihat dari atas bukit yang menjulang. Kesejukan alam disekitar potensi wisata alam ini sangat nyaman terasa.

"Jalan menuju sungai dan air terjun, membelah perbukitan. Sehingga kita dapat melihat hamparan pemandangan yang luas yang indah dipandang, ini juga menjadi daya tarik tersendiri di sekitaran air terjun dan sungai", ucap Agung, salah satu anggota tim Trip Klikwarta, sembari berswafoto dari atas bukit.

5. Eksplorasi Tempat Indah untuk Swafoto

klikwarta5
Tim Trip Klikwarta saat foto bersama di tengah bebatuan di sekitar sungai

klikwarta10

Untuk berswafoto di sekitar perbukitan, batu besar di tengah sungai dan juga hamparan napal (padas) ditepian sungai sangat recommended untuk dilakukan. Bahkan, ditengah sungai pun kita bisa melakukan itu, sebab arus sungai cukup sedang dan dangkal disebagaian titik sungai.

6. Hutan Desa

ass
Hutan Desa yang rencananya bakal dijadikan destinasi wisata rumah pohon

Pohon besar menjulang, sejuknya udara menghiasi lokasi hutan desa ini, yang rencanaya bakal dibuat tempat wisata Rumah Pohon. Letaknya tepat di pinggir jalan utama desa tersebut dan juga tepat didepan pintu masuk pontensi destinasi wisata lainnya.

"Ini yang bakal kami buat rumah pohon. Para pengendara yang melintas bakal menemui destinasi wisata baru ini. Saat ini dalam proses penggarapan, semoga segera terealisasi, bagaimana keindahannya, nantikan saja", irit Kades Yulianto.

klikwarta11

Itulah sederet potensi wisata di Desa Tanjung Kuaw. Namun, Tim Trip Klikwarta masih akan menggali potensi lainnya di season kedua. Informasinya, masih banyak lagi pontensi wisata lainnya yang masih bisa dieksplor. Penasaran! Tunggu eksplorasi tim Trip Klikwarta berikutnya.

(Tim Trip Klikwarta.com)

klikwarta12

Related News