Bupati Rini Launching Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni oleh Baznas Kabupaten Blitar

Kamis, 06/10/2022 - 09:41
Sebelum Meninjau Rutilahu yang Hendak Dibedah, Bupati Blitar Rini Syarifah Didampingi Ketua Baznas Kabupaten Blitar Akhmad Husain Menyerahkan Uang Insentif ke Guru Tidak Tetap (GTT). (foto : Faisal NR / Klikwarta.com)
Sebelum Meninjau Rutilahu yang Hendak Dibedah, Bupati Blitar Rini Syarifah Didampingi Ketua Baznas Kabupaten Blitar Akhmad Husain Menyerahkan Uang Insentif ke Guru Tidak Tetap (GTT). (foto : Faisal NR / Klikwarta.com)

Klikwarta.com, Kabupaten Blitar - Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan launching program kegiatan bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blitar di Dusun Tambakboyo, Desa Sumber, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, Kamis (6/10/2022).

Launching program Rutilahu oleh Bupati Blitar ini disaksikan sejumlah kepala OPD terkait, Forpimcam setempat, jajaran Baznas Kabupaten Blitar serta para tamu undangan lainnya. Sebelum Bupati Rini memberikan sambutan, ia bersama Ketua Baznas Kabupaten Blitar Akhmad Husain menyerahkan uang insentif senilai 300 ribu rupiah kepada Guru Tidak Tetap (GTT) yang berada di bawah naungan Kemenag maupun Dinas Pendidikan. 

Bupati Rini menyampaikan, program bedah Rumah Tidak Layak Huni oleh Baznas Kabupaten Blitar ini sebanyak 15 titik lokasi yang tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Setiap titik, kata Rini, oleh Baznas diberikan dana stimulus senilai 15 juta rupiah. 

"Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi penerima, sehingga rumah lebih nyaman ditempati. Saya juga menekankan bahwa dana bantuan masing-masing 15 juta rupiah ini harus digunakan sebagaimana mestinya. Jangan digunakan untuk kepentingan lain selain pembangunan rumah," katanya. 

Dikatakannya, program Rutilahu ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar bersama stakeholder termasuk dengan Baznas guna mensejahterakan masyarakat. Ia menyampaikan terimakasih kepada ASN dan seluruh pihak yang telah berkomitmen untuk saling berbagi, berempati dengan mengambil peran dalam program Rutilahu. 

"Saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara yang telah menyisihkan rejekinya melalui Baznas untuk kegiatan sosial kemasyarakatan seperti ini," tukasnya. 

Lebih lanjut Ketua Baznas Kabupaten Blitar Akhmad Husain menambahkan, program bedah Rumah Tidak Layak Huni ini merupakan bagian dari rencana kerja Baznas Kabupaten Blitar serta dilaksanakan secara kerjasama dengan Baznas Provinsi Jawa Timur. Baznas Kabupaten Blitar, kata Husain, mentargetkan tahun ini ada 30 titik pembedahan Rutilahu dan saat ini sudah mulai dilaksankan tahap pertama sebanyak 15 titik lokasi Rutilahu. 

"Jadi bantuan dari provinsi itu 12,5 juta, Baznas Kabupaten Blitar 2,5 juta. Ini sifatnya stimulus saja. Kepada penerima manfaat saya menyampaikan juga kepada Pak Camat, Pak Kades, bahwa dana 15 juta itu mohon untuk tidak ongkos kerja HOK. Untuk HOK itu disupport warga sekitar, jadi nanti swadaya ada dari masyarakat Insya Allah siap dan 15 juta itu sifatnya stimulus saja," ungkap Husain didampingi Wakil Ketua Baznas Kabupaten Blitar Juni Arifin kepada awak media seusai acara. 

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News