Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., Bersama Unsur Forkopimda Bitung, Hadiri Rakor GTRA

Kamis, 11/08/2022 - 21:06
Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi saat menyerahkan sertifikat kepada masyarakat
Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi saat menyerahkan sertifikat kepada masyarakat

Bitung, Klikwarta.com - Rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kota Bitung, dibuka oleh Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantir, MM., bertempat di Lantai 8 Fave Hotel Kel. Pakadoodan Kec. Maesa Kota Bitung, Kamis (11/8/22).

Acara rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kota Bitung dimulai dengan ucapan selamat datang oleh MC, mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan laporan ketua pelaksanaan harian GTRA kota Bitung (Kepala Kantor ATR/BPN Bitung).

Dalam sambutannya, Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM., menyampaikan bahwa rapat koordinasi gugus tugas reforma agraria Kota Bitung, dilaksanakan dalam rangka menuntaskan visi misi Presiden, visi misi Gubernur dan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Bitung.

Selanjutnya Walikota Bitung juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kakanwil BPN Prov. Sulut, Lutfi Zakaria, SIP., M.H., Kepala kantor ATR/BPN Bitung, Pudi Tarigan m, SH., ME., dan seluruh jajaran BTN, yang telah membantu kami di Provinsi Sulawesi Utara termasuk di Kota Bitung dalam ulaya membantu menyelesaikan permasalahan tanah.

"Dalam upaya penyelesaian permasalahan tanah, salah satu hambatan dilapangan adalah masalah keamanan. Untuk itu kita perlu pendampingan dari Kajari, Dandim, Kapolres serta Satpol PP Kota Bitung," pungkas Walikota.

Pada rangkaian kegiatan rapat koordinasi disertai dengan penyerahan sertifikat secara simbolis dan penyerahan bantuan pendampingan pemberdayaan masyarakat akses reforma oleh Walikota Bitung dan Forkopimda Kota Bitung, diakhiri pencanangan dan deklarasi kampung reforma agraria (Isi deklarasi terlampir di foto).

Acara pembukaan rapat koordinasi gugus tugas reforma agraria GTRA kota Bitung diisi dengan pemberian materi-materi, diantaranya, pemberian materi pertama tentang pelaksanaan reforman agraria di Prov. Sulut yang dibawakan oleh Kakanwil BPN Prov. Sulut dan pemberian materi Kedua, oleh Wakil Dekan Unsrat Manado, Bpk Toar N. Palilingan, SH., MH., yang membahas tentang tinjauan historis dan yuridis tanah pulau Lembeh diantaranya, Sejarah penguasaan pulau Lembeh, status tanah pulau Lembeh, upaya penyelesaian masalah dan analisia yuridis.

Kepala Balai Pemantapan Hutan Prov. Sulut, Bpk Faizal Ludwi, menyampaikan materi ketiganya tentang Tanah ojek reforma agraria dari pelepasan dan penataan batas kawasan hutan, dilanjutkan pemberian materi Keempat oleh Kepala Kantor BPN Bitung, tentang pemberdayaan masyarakat akses reforma diakhiri penandatanganan berita acara oleh peserta rapat koordinasi gugus tugas reforma agraria kota Bitung.

Hadir dalam rapat koordinasi, Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM., Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma, SH., SIK., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Bitung Frankie Son, SH., MM., MH., Kakanwil BPN Prov. Sulut Lutfi Zakaria, SIP., M.H., Kepala Kantor ATR/BPN Bitung Pudi Tarigan m, SH., ME., Plt. Asisten I Pemkot Bitung Forsman Dandel, Kadis Perikanan Kota Bitung Sadat Minabari dan peserta rapat kurang lebih 50 orang. 

(Pewarta: Laode)

Related News