DPD RI Komitmen Dorong Proyek Strategis KEK Pulau Baai, Pembangunan Rel Kereta Api dan Jalur Tol Bengkulu

Selasa, 21/01/2020 - 20:12
Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti
Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti

Stop Hoax

Klikwarta.com, Bengkulu - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) siap mendorong percepatan pengembangan kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta percepatan pembangunan rel kereta api Pulau Baai Kota Bengkulu - Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong dan pembangunan  jalan tol Bengkulu - Sumatera Selatan.

op

Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti mengatakan, dengan potensi yang dimiliki Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dan akan dikembangkannya rel kereta api dan jalan tol tersebut, jelas akan memberikan dampak besar bagi perkembangan ekonomi pesisir barat pulau Sumatera.

Lanyalla Mattalitti juga berjanji akan mendukung dan menjembatani komunikasi Pemprov dengan Pemerintahan Pusat agar kemajuan di Bengkulu cepat terlaksana.

"Bahwa jangan khawatir komitmen dari senator Bengkulu ada 4 mereka semua akan membantu apa yang disampaikan oleh Pak Gubernur dan Pak GM Pelindo II Bengkulu tadi,” kata Lanyalla pada Pertemuan dan Peninjauan Pelindo II Bersama Rombongan DPD RI Perwakilan Bengkulu dan Sumatera, di Kantor Pelindo II Bengkulu, Selasa (21/01/2020). 

Hal senada disampaikan Wakil Ketua III DPD RI Sultan B Najamudin. Menurutnya DPD RI sangat berkewajiban dalam hal mendorong pembangunan infratstruktur daerah salah satunya pelabuhan Pulau Baai ini. Sehingga diharapkan diperiode kepemimpinan ini pembangunan Pulai Baai bisa terselesaikan.

“Minimal arus keluar masuk barangnya terjaga dengan baik kemudian program besar mengkonektivitaskan pelabuhan dengan rel kereta api dan tol road itu benar-benar bisa diwujudkan secepatnya,” jelas Sultan yang juga merupakan Anggota DPD RI Perwakilan Bengkulu.

Sementara M. Fachrul Rozi Anggota DPD RI asal Aceh mengapresiasi program Pemprov Bengkulu yang ingin menjadikan Pulau Baai sebagai Pelabuhan Ekspor. Jika ini berhasil tentu pulau baai akan menjadi alternatif dari Pelabuhan Tanjung Priok yang sekarang menjadi pusat perdagangan bahkan bisa menjadi pelabuhan internasional.

“Jujur saya mulai jatuh cinta dengan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Dengan segala potensi yang diutarakan Gubernur Bengkulu, DPD bisa memperjuangkan ini menjadi yang disebut dengan KEK Eksklusif,” papar Fachrurrozi.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPD RI dan teman-teman DPD RI Bengkulu dan wilayah Sumatera, yang selanjutnya akan dibahas khusus di tingkat DPD RI bersama Pemprov di wilayah sumatera lain dan ketika Pulau Baai ini ditingkatkan maka membutuhkan keterlibatan dari banyak lembaga kementerian.

“Tindak lanjutnya kita akan bersurat dan akan melakukan pertemuan terkait dengan pengembangan Pulau Baai. Kemudian dalam menggenjot investasi Bengkulu, kita juga akan mempresentasi khusus dengan pihak DPD RI bersama KADIN Pusat dan beberapa Provinsi dan investor nasional,” terang Gubernur Rohidin. (Rian-Dimas)

Related News

Loading...
loading...