Dandim 1401/Majene Tanam Bawang Merah Bersama Kelompok Tani

Rabu, 28/02/2024 - 14:41
Tanam bawang merah bersama kelompok tani di dusun Galung Para, Rabu (28/2)
Tanam bawang merah bersama kelompok tani di dusun Galung Para, Rabu (28/2)

Klikwarta.com, Majene - Komandan Kodim 1401/Majene Letkol Czi I Made Bagus Asmara Putra, S.T.,M.I.P., mengunjungi lokasi lahan pertanian bawang merah di Dusun Galung Paara Desa Pamboborang Kecamatan Banggae Kabupaten Majene, Sulbar. Rabu (28/02/2024).

Selain melihat kondisi lahan pertanian, Dandim  1401/Majene juga berkesempatan melakukan penanaman bawang merah bersama para kelompok tani dibantu personel TNI. 

Usai melakukan penanaman, Dandim 1401/Majene berkesempatan  melakukan komunikasi dengan para ketua kelompok tani terkait kendala-kendala yang dihadapi dalam mengelola lahan pertanian, khususnya bawang merah.

.

Menurut Dandim, pada dasarnya TNI  khususnya Kodim 1401/Majene siap mendampingi para petani dalam pengembangan pertanian bawang merah di daerah ini, selain itu TNI senantiasa siap bekerja sama dengan kelompok tani mulai dari pengolahan tanah, penanaman sampai dengan panen.

" Kami berharap ada komunikasi timbal balik  sehingga kami dari pihak Kodim 1401 Majene dapat mengetahui dengan pasti setiap permasalahan yang dihadapi petani," Ungkap Dandim.

Dikatakan, apapun masalahnya petani,  akan disampaikan kepada pihak Pemerintah Daerah maupun Pimpinan TNI guna mencari solusi penyelesaiannya.

" Kami akan sampaikan kepada Pemerintah Daerah terkait kendala yang dihadapi para petani," Tegas Dandim.

Basri Ketua Pok Tani Harapan di hadapan Dandim menyampaikan, tentang kendala yang saat ini dihadapi yakni terbatasnya ketersediaan air untuk menyiram tanaman bawang merah, mengingat sumber air jaraknya cukup jauh dan mesin air masih sangat minim, sehingga untuk melakukan penyiraman tanaman harus antri setiap kelompok tani, sehingga sangat mempengaruhi hasil panen.

Dirinyapun berharap, agar kiranya Dandim 1401 Majene dapat menyampaikan kepada  pihak Pemerintah Daerah Kab. Majene atas kendala yang dihadapi para petani di Majene.

" Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Dandim, semoga apa yang bapak lakukan pada hari ini memberi motivasi kepada kami selaku kelompok tani untuk berbuat lebih maksimal,"  Tandas Basri.

Diketahui kelompok tani yang ada di Dusun Galung Paara terdiri dari 6 kelompok, lahan yang sudah dibuka dan diolah kurang lebih 50 H, sedangkan lahan yang belum dibuka masih cukup luas, untuk mengolah lahan tersebut diperlukan biaya yang tidak sedikit, petani  berharap adanya campur tangan dari Pemerintah Daerah Kab. Majene dalam membuka lahan baru.

(Kontributor : Arif)

Related News