Puluhan Lagu Koes Plus Hangatkan Nuansa Nostalgia di Silaturahmi Ultah ke-1 P2MK

Senin, 28/09/2020 - 01:15
Acara Silaturahmi Ulang Tahun ke-1 Paseduluran Penggemar Musik Koes Plus (P2MK).
Acara Silaturahmi Ulang Tahun ke-1 Paseduluran Penggemar Musik Koes Plus (P2MK).

Klikwarta.com, Sukoharjo - Dihadiri tak kurang dari seratus fans band legendaris Koes Plus, acara silaturahmi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-1 Paseduluran Penggemar Musik Koes Plus (P2MK) berlangsung semarak.

Puluhan lagu karya Koes Plus maupun Koes Bersaudara yang dibawakan oleh band pelestari Memories Plus dan juga penampilan Group Dance P2MK yang diinstrukturi Yanto, membuat mereka yang hadir larut dalam nuansa nostalgia di tengah acara yang bertema "Silaturahmi Ultah ke-1 Paseduluran Penggemar Musik Koes Plus (P2MK)" yang digelar di Serba Sambal Resto, Jalan Rajawali No.1, Joho, Kabupaten Sukoharjo, pada Minggu (27/09/2020).

Di antara puluhan lagu andalan milik band maestro Tanah Air yang diusung pada acara itu, terlantun tembang berjudul Kutitipkan Tangis di Hatimu, Andaikan Kau Datang, Amelinda, Pak Tani, Langit Cerah, Bunga Di Tepi Jalan dan Kelelawar. Tak hanya itu, sederet tembang Jawa seperti Terik Tempe, Katresnan dan Bunder - Bunder pun turut membawa mereka hanyut dalam suasana keakraban yang sarat dengan kenangan.

Acara ini juga dihadiri Ketua Jiwa Nusantara Nasional,  Dandun dan Ketua Koes Plus Fans Surakarta (KPFS), Marcos Penta.

Ketua P2MK, Budi Makbul mengatakan sebagai wadah para pecinta musik Koes Plus, P2MK resmi dibentuk pada tanggal 22 September 2019 lalu, dengan jumlah anggota yang kini telah mencapai lebih dari 117 orang dan berasal dari berbagai daerah.

"Awalnya kita memang terinspirasi dari sejumlah rekan untuk membentuk suatu komunitas yang kemudian untuk bersilaturahmi, berinteraksi dan juga menyalurkan hoby," jelasnya kepada wartawan, di sela acara.

Tak ada batasan bagi siapa pun yang ingin bergabung dalam komunitasnya. Menurut Budi, anggota P2MK yang telah ikut bergabung memang rata - rata mempunyai hoby bernyanyi dan tentunya suka pada musik Koes Plus.

"Jadi siapapun yang memenuhi kriteria seperti bisa bernyanyi, mereka bisa bergabung. Istilahnya kita memberi support kepada anak bangsa. Mereka tidak hanya terbatas dari wilayah Solo Raya saja, bahkan di luar itu, anggota dari Jawa Timur seperti Madiun dan sekitarnya juga ada," terangnya. 

Lebih lanjut, Budi Makbul mengatakan, saat ini di P2MK telah terdata ada dua band pelestari dengan nama Memories Plus dan Fokus. Dua band tersebut tak melulu membawakan lagu - lagu Koes Plus, namun ada kalanya untuk tampil berkolaborasi dengan band tembang kenangan yang lain.

"Dengan pemain yang sama hanya saja drummernya berbeda. Dan kita memang juga berkolaborasi, tidak hanya dengan band pelestari lagu - lagu Koes Plus namun juga dengan band - band tembang kenangan lainnya, di antaranya dengan Middle band yang tadi tampil. Jadi itu juga memang sengaja kita persiapkan, semisal ada event dan lain sebagainya itu tinggal ditampilkan," ungkapnya. 

P2MK lebih dari sekedar wadah penyaluran hoby para anggotanya, menurut Budi, sebagai komunitas yang telah terstruktur di bawah naungan Jiwa Nusantara (wadah yang menaungi komunitas penggemar dan pelestari lagu-lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus), P2MK juga telah bergerak di bidang sosial maupun kegiatan lainnya.

"Saat ini P2MK memang tergolong masih muda dan baru satu tahun. Tetapi yang sudah dilakukan seperti pada saat kita melihat ada daerah yang mengalami kekurangan air, seperti di Wonogiri dan bencana di daerah lain beberapa waktu lalu, anggota juga ikut membantu. Jadi kita ada agenda - agenda tertentu misalnya sosial, kegiatan pariwisata juga mensupport anak - anak bangsa pelestari Koes Plus," tandasnya. 

Budi berharap kedepannya P2MK semakin berkembang sehingga lebih dapat berinteraksi sesuai slogan yang dimiliki komunitas tersebut.

"Sesuai slogan kita yaitu Paseduluran (persaudaraan), jadi kita bisa bersilaturahmi, bersaudara dengan siapa saja di berbagai daerah terutama dengan sesama anggota pada khususnya," pungkas pria yang juga Sekretaris Jiwa Nusantara Kota Surakarta itu. 

(Pewarta : Kacuk Legowo)

Related News