Menilik Apa Itu Sponsor dan Tujuannya

Kamis, 11/08/2022 - 12:36
ilustrasi
ilustrasi

Klikwarta.com - Saat mendengar kata sponsor apa yang ada dalam pikiran Anda? Mungkin adalah bentuk iklan-iklan di televisi yang sering kita lihat. Padahal sponsor bukanlah iklan media yang sering kita lihat tersebut. Apa itu sponsor? Sponsor adalah bentuk dukungan terhadap sebuah kegiatan atau peristiwa tertentu. Sponsor bisa berupa uang, benda ataupun fasilitas yang diberikan maupun disewakan. Sponsor bisa diberikan oleh perseorangan ataupun perusahaan dan lembaga. Sifat sponsor sendiri bisa komersial ataupun sosial.

Apakah itu sponsor komersial atau sponsor sosial bisa dilihat dari imbal balik atau keuntungan yang bisa diberikan. Sebagai contoh adalah perusahaan mie instan yang memberi sponsor event kuliner tertentu. Dalam event tersebut dia mendapatkan imbal balik berupa:

  • Penggunaan produk untuk dipakai selama event berlangsung.
  • Banner yang berisi logo dan iklan dari perusahaan di tempel di berbagai lokasi pada event.
  • Tidak adanya produk kompetitor yang boleh digunakan di dalam event tersebut.
  • Dan lainnya sesuai kesepakatan.

Selain mensponsori event tertentu, memberi sponsor bisa dilakukan dengan mengadakan sebuah kegiatan sendiri misalnya sebuah merek minuman kesehatan mengadakan event sepeda santai dimana di dalamnya tersebar logo dan produk milik perusahaan tersebut.

Sedangkan untuk sponsor yang bersifat sosial, lebih mengutamakan tujuan dibandingkan imbal balik. Contohnya adalah memberi sponsor untuk kegiatan bakti sosial berupa donasi materi atau non materi. Pemberi sponsor tidak memerlukan imbal balik tertentu asalkan bentuk sumbangan diberikan sesuai dengan tujuan yang disepakati. Contoh kegiatan sponsor lainnya adalah dengan memberikan sponsor berupa biaya pendidikan bagi anak Indonesia melalui Wahana Visi Indonesia (WVI).

WVI merupakan sebuah lembaga sosial yang bergerak di bidang pengembangan masyarakat khususnya anak-anak. WVI sudah lebih dari 10 tahun memberikan pendampingan agar anak Indonesia dimanapun berada memiliki pendidikan dan taraf kesehatan yang optimal. WVI membuka program sponsor bagi siapa saja yang ingin membantu pendidikan dan kesehatan anak Indonesia. Anda tertarik menjadi sponsor kebaikan? Buka laman website Wahana Visi Indonesia dan segera daftarkan diri Anda untuk menjadi sponsor kebaikan bersama WVI.

Related News