" OTT " Sarang Lebah Vespa Meresahkan Warga Akhirnya Berhasil Diamankan

Kamis, 23/06/2022 - 09:15
Operasi "OTT" yang dilaksanakan relawan Baretta dan Kembangjoyo
Operasi "OTT" yang dilaksanakan relawan Baretta dan Kembangjoyo

Klikwarta.com, Pati - Berawal dari laporan Bapak Ajat yang beralamatkan di  Desa Pakis RT 04 RW 01 Kecamatan Tambakromo Kab Pati tentang keberadaan sarang tawon ndas atau tawon vespa affinis yang berada di atap rumahnya sehingga selama ini meresahkan warga di sekitar. Rabu (22/6/2022).

 

Menurut Supratikno salah satu anggota Relawan Baretta mengatakan tawon kendi  adalah spesies serangga dari genus Vespa. Spesies ini telah dihuraikan oleh Carl Linnaeus pada tahun 1764. Dalam bahasa Jawa, tawon ini disebut sebagai tawon ndas karena sarang tawon ini terbuat dari tanah atau lumpur yang berbentuk seperti kepala. Biasa kalau musim hujan itu udara lembab. Tawon vespa kalau udara dingin itu menjadi musim kawin atau berkembang. Maka tidak heran kalau musim hujan, laporan penanganan rumah tawon vespa kepada team kami meningkat.

" Sepekan saja ini sudah 2 lokasi kami operasi tangkap tawon atau OTT, jadi bagi warga yang mempunyai kendala yang sama silahkan hubungi kami di sekretariat yang beralamatkan di Desa Bakaran Kulon Kecamatan Juwana,” kata Supratikno.

 

Relawan BARRETA (Barisan Relawan Tangguh) dan Relawan Kembang Joyo Kabupaten Pati yang sudah ke sekian kalinya mengevakuasi beberapa rumah yang di huni tawon ndas atau lebah vespa affinis ini langsung melakukan koordinasi dengan pihak keluarga  Ajat untuk melakukan OTT (Operasi Tangkap Tawon) di Desa Pakis Kec. Tambakromo pada malam hari Rabu dan kegiatan di mulai dari Pukul 22.07 wib hingga pukul 22.23 WIB sarang tawon vespa affinis berhasil di evakuasi dari rumah Ajat.

 

Dengan beranggotakan 9 orang Relawan Barreta dan Relawan Kembang Joyo Kabupaten Pati akhirnya malam itu juga sarang lebah vespa affinis berhasil di evakuasi dari rumah ajat dengan aman.

Alhamdulillah matur suwun sanget rencang Barreta sampun saget ngicali omah tawon, kulo keweden pak (Alhamdulillah terima kasih rekan - rekan Barreta sudah dapat menghilangkan rumah tawon, saya ketakutan pak)," pungkas Ajat. (ipl)

Pewarta m@s

Related News