Siapkan Generasi Muda Berkualitas, Pasi Ter Kodim 0801/Pacitan : Menjawab Tantangan Bonus Demografi

Sabtu, 22/06/2024 - 21:41
Persami saka Wira Kodim 0801/Pacitan
Persami saka Wira Kodim 0801/Pacitan

Klikwarta.com, Pacitan - Dengan mengusung tema, "Bersatu Dengan Alam Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan Dan Peduli Lingkungan", anggota saka wira kartika di bawah binaan Kodim 0801/Pacitan menggelar persami. 
 
Kegiatan persami tersebut di buka oleh Pasi Ter Kodim 0801/Pacitan Kapten Inf Sukilan serta diikuti oleh sebanyak 45 anggota saka wira kartika, berlangsung di halaman Makodim Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Sabtu (22/06/2024). 

Dalam momen itu, anggota saka wira kartika juga di bekali dengan berbagai ilmu pengetahuan baik secara teori maupun aplikasi langsung di lapangan, sebagai sarana untuk menambah wawasan serta meningkatkan keterampilannya. 

Adapun materi yang diberikan diantaranya, wawasan kebangsaan, PBB baik teori maupun praktek, navigasi darat, tali temali serta cara penanggulangan bencana alam. 

Dikatakan oleh Pasi Ter Kodim 0801/Pacitan, bahwa tujuan dari persami ini selain membentuk karakter generasi muda yang tangguh, disiplin dan bermental baja, juga memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antar anak bangsa melalui wadah kepramukaan. 

"Sebagai generasi muda memegang peranan penting dalam menentukan nasib bangsa ini ke depan. Dihadapkan pula bangsa Indonesia beberapa tahun ke depan akan mengalami bonus demografi, tentunya ini harus kita persiapkan", ujarnya saat memberikan sambutannya di hadapan anggota saka wira kartika. 

Menurutnya, bonus demografi menjadi kesempatan strategis bagi bangsa Indonesia untuk melakukan berbagai percepatan pembangunan dengan dukungan sumber daya manusia (SDM) berusia produktif yang melimpah.

"Ini merupakan tantangan yang harus segera dijawab, agar bonus demografi penduduk usia produktif dapat secara signifikan menggerakkan perekonomian. Untuk itu, manfaatkan momentum ini sebaik-baiknya agar nantinya bisa menjadi bekal menuju Indonesia emas 2045", ungkapnya.

(Kontributor : Arif)

Related News