Sungai Dangkal Ancam Pemukiman dan Pasar, Masyarakat Kubu Langka Harapkan Normalisasi

Kamis, 23/01/2020 - 00:19
Sungai Dangkal Ancam Pemukiman dan Pasar
Sungai Dangkal Ancam Pemukiman dan Pasar

Stop Hoax

Tanggamus, Klikwarta.com -  Warga masyarakat di Kubu Langka kecamatan Cukuh Balak mengharapkan kepada pemerintah kabupaten tanggamus, melalui Dinas terkait dapat melakukan normalisasi sungai setempat. Rabu (22/01/2020).

Karena selama ini menurut warga sekitar apabila memasuki musim penghujan seperti saat ini sangat mengkhawatirkan, debit air ketika hujan dapat mengakibatkan air sungai Way Kubu Langka meluap dan memasuki pemukiman masyarakat, ditambah lagi posisi sungai hanya berjarak beberapa meter dari Pasar milik Pemkab Tanggamus yang baru saja selesai pembangunannya.

Seperti yang diutarakan warga Kubu Langka Sapriyadi (40), bukan tidak mungkin intensitas hujan yang cukup tinggi dapat menyebabkan sungai meluap dan memasuki pemukiman penduduk, rasa khawatir pun selama ini menghantui masyarakat terlebih pada saat malam hari, alhasil warga khususnya laki-laki harus berjaga-jaga untuk mengantisipasi kemungkinan air sungai meluap.

"Sungai Kubu Langka itu sudah dangkal Mas, dan bisa dilihat hampir rata dengan dataran, terlebih jaraknya hanya beberapa meter saja dari Pasar tradisional baru milik pemda yang baru saja selesai pembangunannya, kalo sampai sungai meluap bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan kerusakan pada fasilitas aset milik Pemkab itu, tambah lagi rumah-rumah penduduk", keluhnya.

Lanjutnya, dirinya mewakili masyarakat pekon kubu langka mengharapkan adanya normalisasi air sungai tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tak di inginkan. Dan Pasar tradisional ini merupakan pusat perekonomian masyarakat kecamatan Cukuh Balak dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari-hari warga, rasa terimaksih sebesar-besarnya kepada Bupati dan wakil bupati Tanggamus atas Pembangunan pasar, jalan, dan lain sebagainya di Kecamatan Cukuh balak, namun harus dibarengi dengan penunjang keamanan di tiap pembangunan agar aset terjaga dari musibah banjir dan tanah longsor.

"Selain Normalisasi, jika bisa agar di sisi sungai yang ada pembangunan Pasar tradisional itu dapat di lakukan pembronjongan, agar tak mengganggu aktifitas pasar yang baru di bangun, dari intaian air sungai yang sewaktu-waktu dapat meluap, supaya aset berharga milik Pemkab dan kebanggaan masyarakat Cukuh Balak ini selalu aman saat musim hujan tiba," harap pria yang berprofesi sebagai petani ini.

Senada di sampaikan oleh Amri (35) masyarakat Cukuh Balak yang tengah nongkrong di warung setempat, ia pun mengharapkan hal yang sama kepada pemkab Tanggamus, agar di tahun 2020 ini dapat dilakukan normalisasi air sungai oleh dinas terkait dalam hal ini pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR), dirinya mengakui untuk pelaksanaannya memang tak langsung dilakukan namun ada tahapan yang harus di lalui seperti pengajuan permohonan dari pekon.

"Harapan kami sama, selagi itu demi kepentingan khalayak ramai, diharapkan agar normalisasi sungai Way Kubu Langka ini dapat terealisasi tahun ini, apabila tak dilaksanakan bakal berdampak besar bagi masyarakat sekitar, kita tak meminta musibah, namun antisipasi sejak dini itu harus dilakukan demi menghindari hal-hal yang tak kita inginkan", tandasnya. (Lie)

Related News

Loading...
loading...