Komandan SAR Prihanto Sandang Gelar Bapak Relawan Karanganyar

Kamis, 18/04/2024 - 11:18
Komandan SAR Karanganyar Prihanto (tengah), saat dinobatkan menjadi Bapak Relawan Karanganyar, Selasa (16/4/2024) malam.
Komandan SAR Karanganyar Prihanto (tengah), saat dinobatkan menjadi Bapak Relawan Karanganyar, Selasa (16/4/2024) malam.

Klikwarta.com, Karanganyar - Penobatan Komandan SAR Karanganyar Prihanto sebagai Bapak Relawan Karanganyar mewarnai acara Halalbihalal Relawan Se-Kabupaten Karanganyar yang digelar pada Selasa (16/4/2024) malam, di Gedung Olah Raga (GOR) Nyi Ageng Karang.

Acara tersebut dihadiri kurang lebih seribu relawan dari berbagai organisasi potensi SAR yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Antusias kalangan relawan menyandangkan gelar kepada Prihanto sebagai Bapak Relawan Karanganyar bukan semata karena dianggap bisa menjadi motivator. Lebih dari itu, para relawan berharap Prihanto menjadi pelindung yang mampu menjembatani aspirasi mereka dengan Pemkab Karanganyar maupun instansi terkait lainnya.

Menanggapi soal rencana terdekat setelah dirinya dinobatkan sebagai Bapak Relawan Karanganyar, Prihanto mengatakan akan segera berkoordinasi dengan 103 organisasi potensi SAR yang ada di Kabupaten Karanganyar, termasuk guna membahas keperluan struktur kepengurusan dan legalitas.

"Dalam waktu dekat, kami juga akan menyediakan basecamp atau tempat berkumpul untuk relawan se-kabupaten Karanganyar, namanya Rumah Kita. Di samping merekatkan jalinan silaturahmi, Rumah Kita bisa jadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan menyampaikan aspirasi," ungkap Prihanto kepada wartawan.

Prihanto berkomitmen, akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para relawan, serta menyamakan persepsi antar Potensi SAR, baik terkait sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta teknologi informasi yang dapat mendukung penanganan kebencanaan yang lebih efektif dan efisien.

"Tentunya kami akan selalu berkomunikasi dengan Pemkab Karanganyar, BPBD, serta stakeholder yang lain, supaya potensi relawan di Karanganyar ini bisa bersama-sama dikelola dan digerakkan dengan baik dan maksimal," tandas pria yang juga .

Pewarta : Kacuk Legowo

Related News