Komando Latihan Koarmada III Laksanakan Uji Gladi Tugas Tempur

Selasa, 11/06/2024 - 19:19
Uji Gladi Tugas Tempur Prajurit Koarmada III
Uji Gladi Tugas Tempur Prajurit Koarmada III

Klikwarta.com, Sorong - Komando Latihan (Kolat) Koarmada III melaksanakan Uji Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P1 dan P2 TA 2024 yang dipimpin Kolonel Laut (P) A Muharam di beberapa Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) pada jajaran Koarmada III, diantaranya adalah Lanal Ternate, Lanal Morotai dan Lanal Timika, adapun salah satu maksud dari pelaksanaan kegiatan penilaian Uji Glagaspur tersebut adalah untuk usulan Lanal Teladan Koarmada III. Selasa (11/06/24).

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kolat Koarmada III, menyampaikan bahwa pelaksanaan Uji Glagaspur P1 dan P2  di  beberapa Lanal pada jajaran Koarmada III tersebut merupakan perintah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr. Opsla., yang selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul, serta merupakan penyelarasan doktrin, operasi Latihan dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptive terhadap dinamika situasi terkini.

.

.

Sedangkan tujuan yang akan dicapai dari uji Glagaspur ini adalah untuk melatih keterpaduan Komando, Kendali dan Komunikasi antar personil dan kerjasama taktis di lapangan serta untuk meningkatkan keterampilan perorangan maupun kelompok dalam satu satuan tugas, sehingga diharapkan tercapai kemampuan personil yang dipersyaratkan dalam mengawaki Pangkalan serta dapat mendukung tugas - tugas operasi, ungkap Komandan Kolat Koarmada III.

Lebih Lanjut Komandan Kolat Koarmada III, menyampaikan materi uji penilaian adalah,  Pemeriksaan Software / Hardware, Uji Tulis, PHH (Dakhura), Pertahanan Pangkalan, dan Drill Peran-peran diantaranya Peran Tempur Bahaya Umum, Peran Tempur Bahaya Udara, Evakuasi Medis di Darat, Sabotase/Anti teror, dan Peran PEK, serta penilaian Renang Militer, Menembak Laras Pendek dan Laras Panjang, dan diakhiri dengan Evaluasi dan Kaji Ulang.

(Kontributor : Arif)

Related News